Breaking News:

Salurkan Rp 2,6 Miliar Bupati Kampar : Program Kemitraan PTPN V Paling Lengkap

PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan Rp2,6 miliar kepada sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Riau pada 2020 ini.

istimewa
CEO PTPN V Jatmiko K Santosa didampingi Bupati Kampar Catung Sugeng Susanto, mencoba langsung proses menempa besi untuk menjadi alat panen kelapa sawit di IKM Rumbio Jaya Steel, Kampar, Selasa. IKM RJS sendiri mendapatkan dana program kemitraan PTPN V senilai Rp 600 juta dari total Rp 2,6 miliar yang tersalurkan di sepanjang tahun 2020. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan Rp2,6 miliar kepada sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Riau pada 2020 ini.

Bantuan dana pengembangan usaha itu diserahkan sebagai bagian dari langkah perusahaan perkebunan sawit milik negara tersebut dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

Menurut Bupati Kampar, salah satu Kabupaten yang UMKMnya menerima bantuan modal kerja bergilir dan bergulir dari PTPN V, Program Kemitraan PTPN V paling lengkap.

"Ini luar biasa. Tidak ada duanya (perusahaan) di Kabupaten Kampar yang seperti ini. PTPN V tidak hanya berikan bantuan namun juga berikan solusi dengan menyerap produk yang dihasilkan mitra," kata Catur didepan puluhan pengrajin pandai besi yang tergabung di dalam Koperasi Unit Bersama Bina Jaya Bersama IKM Rimbo Jaya Steel, Kecamatan Rumbio Jaya, Kampar, Selasa.

IKM Rumbio Jaya Steel sendiri merupakan sentra pengrajin pandai besi yang sudah berjalan secara turun temurun. Tahun ini mereka mendapatkan suntikan modal untuk pengembangan usaha dari dana program kemitraan sebesar Rp 600 juta.

"PTPN V itu perusahaan BUMN, tentu memiliki semangat jiwa gotong royong, dimana dia beroperasi, tidak ada yang tidak mendapat perhatian. Ini hal yang patut kita apresiasi," tuturnya. 

"Atas nama Pemkab Kampar, kami berikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PTPN V. (Program Kemitraan) ini hal yang luar biasa dalam meningkatkan produktivitas masyarakat. Program ini bermanfaat langsung kepada masyarakat. Kami pemerintah daerah akan terus mendorong usaha seperti ini," lanjut Catur sumringah. 

Sementara itu, Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko K Santosa yang turut hadir dalam penyerahan dana program kemitraan mengatakan perusahaan yang ia pimpin telah menyalurkan Rp2,6 miliar kepada para pengusaha UMKM di Riau sepanjang 2020. 

"Ini merupakan langkah konkrit kita untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan mendukung program pemulihan ekonomi di tengah pandemi," kata Jatmiko.

Program kemitraan, kata dia, adalah dana bergilir bergulir kepada pelaku usaha kecil dan mikro yang bertujuan meningkatkan kemandirian serta mengembangkan perekonomian masyarakat.

Halaman
123
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved