Breaking News:

Tribun NewsUpdate

VIDEO: 38 Warga Terjaring Tak Pakai Masker di Pangkalan Kerinci

Dari 38 orang pelanggar Prokes sebanyak 12 orang dijatuhi vonis membayar denda administrasi sebesar Rp 100 ribu per orang.

TRIBUNPEKANBARU.com - Razia masker terus digelar Tim Yustisi Covid-19 Kabupaten Pelalawan dalam menegakkan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan, Rabu (23/12/2020).

Total ada 38 warga terjaring razia dan seluruhnya langsung dilakukan sidang di tempat.

Pelanggar diberikan sanksi berupa administrasi dengan membayar denda dan sanksi sosial.

Operasi yustisi kali ini dilaksanakan Kecamatan Pangkalan Kerinci tepatnya di Jalan Lintas Timur (Jalintim) di depan pusat perbelanjaan Ramayana. Personil gabungan yang terlibat dalam razia masker ini sebanyak 36 orang dari berbagai instansi.

Diantaranya Satpol PP dan Damkar 21 orang, TNI dua orang, Polri dua orang, kejaksaan satu orang, pengadilan dua orang, dan BPBD 13 personil.

Dasar melakukan razia masker ini berpedoman pada Peraturan Daerah Provinsi Riau nomor 4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan protokol kesehatan.

Para pelanggar Prokes diberikan sanksi berupa administrasi dengan membayar denda dan sanksi sosial.

"Kita gelar sidang lapangan, untuk memberikan hukuman bagi pelanggar yang tak pakai masker. Ini sebagai efek jera," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Abu Bakar FE, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (23/12/2020).

Dalam operasi kali ini sebanyak 38 warga yang tak menggunakan masker terjaring petugas. Kebanyakan para pengendara sepeda motor yang tidak membawa masker saat beraktivitas di luar rumah. Para pelanggar Prokes yang diamankan petugas diarahkan untuk mengikuti sidang di tempat.

Setelah penyidik PPNS Satpol PP memeriksa pelanggar kemudian diminta mengikuti sidang yang dihadiri hakim, panitera, dan jaksa penuntut umum.

Dari 38 orang pelanggar Prokes sebanyak 12 orang dijatuhi vonis membayar denda administrasi sebesar Rp 100 ribu per orang.

Sedangkan 26 orang lainnya memilih sanksi sosial dengan membersihkan fasilitas umum.

"Operasi ini akan berlangsung sampai tanggal 29 Desember ini. Meskipun Pelalawan tidak lagi zona merah, razia masker tetap kita lakukan," tambahnya.

Abu Bakar mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menaati Prokes, minimal menggunakan masker saat keluar rumah. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang sampai saat ini belum tuntas. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved