Breaking News:

Banjir di Rohul, Sejumlah Kawasan di Pasirpangaraian Terendam Banjir, Waspadai Tiga Sungai Meluap

Sebanyak ratusan rumah diperkirakan terendam di tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Rambah.

Istimewa
Kondisi banjir yang menghambat akses jalan di Kota Pasir Pangaraian. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Banjir melanda sejumlah kawasan di Rokan Hulu. Sebanyak ratusan rumah diperkirakan terendam di tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Rambah.

Tak hanya merendam rumah, banjir juga menghambat akses beberapa jalan utama seperti di Jalan Raya Tuanku Tambusai kawasan Simpang Supra di Desa Babussalam. 

Diduga, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh atau Sungai Rokan Kanan dan Sungai Pawan akibat hujan yang mengguyur Rokan Hulu sejak 23 Desember lalu.

Disampaikan oleh Kepala BPBD Rohul Zulkifli melalui Sekban BPBD Rohul Afrizal, agar masyarakat waspada dampak curah hujan tiga sungai besar di Rohul seperti di Sungai Rokan, Sungai Batang Lubuh dan Batang Sosa.

"Banjir di tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Rambah di antaranya Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Babussalam dan Kelurahan Pasir Pangaraian," katanya pada Kamis (24/12/2020).

Kondisi banjir yang menghambat akses jalan di Kota Pasir Pangaraian.
Kondisi banjir yang menghambat akses jalan di Kota Pasir Pangaraian. (Istimewa)

Diakuinya, penyebaran banjir terjadi di Pawan Desa Rambah Tengah Hulu merendam sekitar 125 rumah sejak Rabu malam lalu.

Sedangkan di Desa Babussalam, banjir merendam sedikitnya sekitar 350 rumah dan di Desa Pematang Berangan merendam sekitar 85 rumah.

"Di Kelurahan Pasir Pangaraian lebih kurang merendam sekitar 90 rumah," jelasnya.

"Per Kamis pagi, debit air banjir sudah mencapai 50 hingga 100 cm. Akibatnya, banjir memutus akses jalan sekitar 500 meter di kawasan Simpang Supra dan menyulitkan kendaraan yang melintas," tambah Afrizal.

Selain personel BPBD Rohul, Afrizal menerangkan, sejumlah personel TNI dan Polri sudah berada di lokasi banjir sejak Kamis pagi untuk membantu warga melakukan evakuasi.

BPBD Rohul juga turut mendirikan memasang tenda pengungsi untuk selalu siaga dalam penanganan banjir di Kecamatan Rambah sekaligus untuk mengungsikan masyarakat. (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

Penulis: Syahrul
Editor: Ariestia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved