Breaking News:

Penanganan Covid

Ini Maklumat Kapolri Tentang Pencegahan Covid-19 Saat Libur Nataru, Patuhi Protokol Kesehatan

Kapolri mengeluarkan maklumat tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

Penulis: Rizky Armanda | Editor: M Iqbal
Kompas.com
Terungkap Agenda Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis ke Riau, Resmikan Gedung Senilai Rp 161 Miliar. Foto: Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Idham Azis, mengeluarkan maklumat tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Maklumat bernomor Mak/4/XII/2020 yang dikeluarkan orang nomor satu di jajaran kepolisian di Indonesia itu, bertujuan untuk memutus dan mencegah penyebaran Covid-19, terutama di masa akhir tahun hingga awal tahun depan.

“Bapak Kapolri telah mengeluarkan maklumat yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona, jangan sampai liburan ini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19," kata Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi melalui Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Jumat (25/12/2020).

Dalam maklumat Kapolri tersebut diungkapkan Sunarto, kepatuhan protokol kesehatan harus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat dengan mempertimbangkan
penanganan penyebaran Covid-19, yang secara nasional belum sepenuhnya terkendali dan masih berpotensi berkembang luas.

Lanjut Kabid Humas, maklumat tersebut juga bertujuan untuk memberikan perlindungan serta menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru Tahun 2021.

Sunarto merincikan, adapun maklumat tersebut berisi larangan supaya tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum.

Seperti perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta atau perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai dan karnaval dan pesta kembang api.

"Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan," tegas Perwira Menengah (Pamen) berpangkat melati tiga itu lagi.

Untuk itu Sunarto mengimbau agar maklumat Kapolri ini bisa dipatuhi.

Ditambahkan Sunarto, personel Polri bersama sejumlah instansi terkait lainnya, juga telah menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Nataru 2021.

Ia berpesan, baagi masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal, agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selanjutnya hindari pusat pusat  keramaian, terutama saat pergantian tahun. 

"Dilarang untuk mengadakan perayaan dalam bentuk apapun. Hindari bermain petasan karena dapat membahayakan diri sendiri, mengganggu lingkungan dan dapat menimbulkan kebakaran," bebernya.

"Jangan mudik atau bepergian keluar kota untuk melindungi diri dan keluarga dari bahaya virus yang mematikan ini," pungkasnya.

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunpekanbaru.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved