Breaking News:

DPRD Pekanbaru

9 Ranperda Gagal Disahkan Tahun 2020, Ini Komentar Bapemperda DPRD Pekanbaru

Target Pansus DPRD Pekanbaru menyelesaikan pembahasan 9 Ranperda, yang diajukan beberapa bulan lalu, dipastikan tidak terealisasi.

Istimewa
Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Target Pansus DPRD Pekanbaru menyelesaikan pembahasan 9 Ranperda,  yang diajukan beberapa bulan lalu, dipastikan tidak terealisasi.

Meski sudah berkali-kali melakukan pembahasan, bahkan dilakukan studi banding, namun hingga akhir Desember 2020 ini, tidak terkejar untuk mengesahkannya menjadi Perda Kota Pekanbaru.

Seperti diketahui 9 Ranperda yang disampaikan Pemko Pekanbaru untuk dibahas DPRD, masing masing Ranperda penanganan Covid-19, Ranperda Pemberantasan Narkoba, Ranperda Perseroda PDAM, Ranperda Perseroda Sarana Pembangunan, Ranperda Perseroda Bank BPR, Ranperda Pendirian BUMD Transportasi Madani, Ranperda BUMD Sarana Pangan Madani, Ranperda BPPD, dan Ranperda Inovasi Daerah.

Untuk pembahasan 9 Ranperda ini, DPRD membaginya dengan tiga panitia khusus (Pansus).

"Waktu tak ada lagi di tahun (2020) ini, jadi kita lanjutkan di tahun 2021," kata Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bamperda) DPRD Kota Pekanbaru, Zulfahmi SE, Selasa (29/12/2020) kepada Tribunpekanbaru.com.

Ada beberapa faktor tidak bisa disahkannya 9 Ranperda tersebut,  menjadi Perda Kota Pekanbaru tahun 2020 ini. Satu di antaranya belum adanya laporan akhir Pansus ke Bapemperda, setelah dilakukan pembahasan bersama OPD dan pihak terkait.

Penyebab lainnya, karena masih adanya perbedaan pandangan di pembahasan, dengan Naskah Akademis (NA) yang diajukan. Hingga pekan kemarin, sebut Zulfahmi, baru satu Ranperda yang sudah final pembahasannya.

"Ranperda PDAM sudah selesai dibahas di Pansus I. Untuk yang lainnya masih dibahas lagi," terangnya.

Meski demikian, Politisi Partai Hanura ini menegaskan, bahwa pihaknya tetap berkomitmen menyelesaikan Ranperda ini, untuk disahkan menjadi Perda Kota Pekanbaru.

"Sesuai aturannya kan pembahasan Ranperda ini bisa dilanjutkan. Batas maksimal pengesahannya pada April 2021 nanti," sebutnya.

9 Ranperda yang kini dibahas Pansus DPRD Pekanbaru, terdiri dari 2 Ranperda Inisiatif DPRD, dan 7 Ranperda yang diajukan Pemko Pekanbaru. 2 Ranperda Inisiatif DPRD tersebut Ranperda penanganan Covid-19 dan Ranperda Pemberantasan Narkoba.

Sementara 7 Ranperda yang diajukan Pemko Pekanbaru, yakni Ranperda Perseroda PDAM, Ranperda Perseroda Sarana Pembangunan, Ranperda Perseroda Bank BPR, Ranperda Pendirian BUMD Transportasi Madani, Ranperda BUMD Sarana Pangan Madani, Ranperda BPPD, dan Ranperda Inovasi Daerah. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved