Breaking News:

Penanganan Covid

Fantastis, Pemprov Riau Siapkan Rp 50 Miliar Untuk Pengadaan Vaksin, Begini Cara Pendistribusiannya

Pemerintah Provinsi Riau, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp50 Miliar, untuk persiapan pengadaan vaksin

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ilham Yafiz
SILVIO AVILA / AFP
Seorang perawat menunjukkan vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh perusahaan China Sinovac Biotech 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp50 Miliar, untuk persiapan pengadaan vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat, jika vaksin telah diterima dari pemerintah pusat.

Anggaran tersebut masuk dalam Belanja Tak Terduga (BTT) pada APBD Riau 2021.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra, mengatakan, anggaran untuk vaksin tersebut masuk dalam BTT Riau, dimana telah dianggarkan sebesar Rp50 Milyar.

Ia menyebutkan, berapapun anggaran yang dibutuhkan untuk vaksin, telah tersedia di BTT. 

"Kita menganggarkan untuk antisipasi dana vaksin, tugas pemerintah Provinsi pertama terkait dengan pendistribusian. Kemudian, kedua penyimpanan dan ketiga pengamanan. Kita sudah mengalokasikan di BTT tahun anggaran 2021. BTT kita memang kita siapkan Rp50 Milyar," ujar Indra.

Dijelaskan Indra, untuk jumlah vaksin yang diterima oleh Pemprov masih menunggu arahan dari pemerintah pusat setelah dilakukan pemeriksaan terhadap vaksin yang telah diterima.

Selanjutnya, dari Dinas Kesehatan yang akan berkoordinasi untuk penerimaan vaksin, dan pihaknya menyiapkan anggaran. 

"Sekarang kita tidak tau berapa banyak vaksin, dan anggarannya. Untuk kita mekanisme penyimpanan bagaimana. Kita menyiapkan dari aspek anggaran berapapun anggaran diambil dari BTT. Dan itu bukan dari Provinsi saja tapi Kabupaten Kota juga. Untuk secara detailnya berapa vaksin diterima di Dinas Kesehatan," kata Indra.

Sebagaimana diketahui sebelumnya vaksin sendiri masih ditunggu kedatangannya oleh Pemerintah Provinsi Riau, begitu juga untuk jumlah vaksin yang diperuntukkan untuk Riau masih menunggu dari pusat.

"Vaksin dalam waktu dekat sesuai dengan keputusan dari menkes, vaksin yang akan di distribusikan tetap sesuai skala prioritas. Prioritas akan dibagikan untuk 6 kelompok prioritas diantaranya, tenaga kesehatan, TNI/Polri, dan yang lainnya," ujar juru bicara satuan tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, Rabu (30/12/2020). 

Menurut Yopi, sesuai dengan keputusan Menkes, masyarakat akan menerima SMS pengingat vaksin, dan akan ada pelaksanaan teknis pembagian vaksin, saat ini sedang digodok Diskes bagaimana alur dan teknisnya.

Dijelaskan Yopi, untuk vaksin yang akan diterima, pihaknya juga belum mendapatkan informasi pasti, kapan akan dikirimkan. Jika telah layak digunakan vaksin tersebut baru dikirim ke Riau, dan akan disebar ke Kabupaten Kota. 

"Jumlah vaksin yang disediakan belum bisa dipastikan, berapa yang disiapkan untuk Riau, keputusan berdasarkan jumlah vaksin yang didapatkan,"kata Yopi.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunpekanbaru.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved