Breaking News:

Dumai

Sepanjang Tahun 2020, Kasus Narkoba Masih Mendominasi di Wilayah Polres Rohil, Lakalantas Menurun

Sepanjang 2020 di wilayah hukum Polres Rokan Hilir, kasus yang paling dominan ditangani adalah penyalahgunaan narkoba serta kasus trans Nasional.

Istimewa
Konfrensi Pers pengungkapkan kasus selama 2020, di Aula Mapolres Rokan Hilir, pada Kamis (31/12/2020) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, ROHIL - Bertempat di Aula Mapolres Rokan Hilir, Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto, memimpin Confrence Press pengungkapkan selama 2020, pada Kamis (31/12/2020).

Konfresni Pers yang dipimpin langsung Kapolres Rohil ini juga dihadiri Kabag Ops Kompol Antony Lumban Gaol, Wakapolres dan Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasat Bimas.

Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto mengungkapkan, sepanjang 2020 diwilayah hukum Polres Rokan Hilir, kasus yang paling dominan yang ditangani adalah penyalahgunaan narkoba serta kasus trans Nasional.

"Secara keseluruhan total kasus yang ditangani Polres Rokan Hilir adalah sebanyak 845 Kasus," katanya, Kamis.

Baca juga: UPDATE PILKADA ROHIL, Afrizal - Sulaiman Unggul Sementara, KPU Minta Warga Tunggu Hasil Resmi

Baca juga: Sidak Kamar Warga Binaan Cari Narkoba, Petugas Rutan Dumai Justru Temukan Benda-benda Terlarang Lain

AKBP Nurhadi menjelaskan, berdasarkan catatan kasus di Sat Res Narkoba Polres Rohil selama, 2020 sebanyak 213 kasus berhasil diungkap oleh pihaknya.

Dirinya menerangkan, dari 213 kasus, jumlah tersangka sebanyak 306, serta barang bukti hasil dari pengungkapan 213 kasus berjumlah 19,5 Kg sabu sabu dan 785 butir pil Ekstasi.

‎"Memang kasus narkoba ini bisa terbilang banyak selama 2020, bersama barang buktinya," sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, kasus yang ada di Sat Reskrim Polres Rohil, pada 2020, sebanyak 845 kasus, adapun kasus yang berasal dari pengaduan masyarakat adalah sebanyak 765 kasus yang berlanjut dengan proses pengadilan.

Baca juga: Sepanjang 2020, Polres Kampar Sukses Ungkap 221 Kasus Narkoba, Meningkat Dibanding 2019

Baca juga: Kesadaran untuk Rehabilitasi Pecandu Narkoba Masih Rendah, Kepala BNNK Dumai Imbau Warga Melapor

Diakuinya, secara umum, kasus yang diungkap oleh Polres Rohil selama tahun 2020 terdiri dari kejahatan terhadap kekayaan anggaran illegal logging dan tipikor sebanyak 6 kasus, penipuan dan penggelapan sebanyak 88 kasus, trans nasional sebanyak 218 kasus, dan kejahatan konvesional pencurian dan ranmor sebanyak 466 kasus

Ia menyatakan, untuk kasus laka lantas terjadi penurunan hal ini diduga karena adanya pandemi virus corona (Covid-19), yang mana kasus lakalantas selama 2020 dari 87 kasus telah menewaskan korban sebanyak 87 orang.

"Pelanggaran lalu lintas selama tahun 2020 menurun dengan mengeluarkan surat tilang hanya sebanyak 2028 surat. Kemungkinan karena masyarakat tidak keluar selama wabah pandemi korona," sebutnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat, untuk tetap waspada terhadap tindak kriminal, dan laporkan jika mendapati hal-hal yang melanggar hukum.

Baca juga: Suami Istri di Siak Terindikasi Jual Narkoba, Diciduk Pas di Kamar, Polisi Temukan 7 Paket Sabu

Baca juga: Antisipasi Meningkatnya Peredaran Narkoba Jelang Akhir Tahun, Ini yang Dilakukan Polda Riau

"Kita juga menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, karena saat ini kita masih berada di Pandemi Covid-19," pungkasnya.(Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved