Breaking News:

Temuan Drone Laut di Selayar Bukan Pertama Kalinya di Indonesia, Pernah Terjadi di Kepulauan Riau

Benda yang ditemukan di laut itu bentuknya logam memanjang dan memiliki sayap. Namun dikalangan peneliti lazim disebut drone bawah laut.

KOMPAS.com/NURWAHIDAH/istimewa
Anggota TNI Selayar dan warga menyaksikan benda mirip rudal di Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu Selayar, Selasa (29/12/2020) dan foto kanan temuan drone serupa yang terjadi di Kepulauan Riau, Maret 2019. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Temuan benda panjang dari logam dengan sayap di tengah dan belakang badan yang mirip rudal di laut oleh nelayan Indonesia sempat membuat heboh atau penasaran.

Temuan terakhir drone bawah laut atau drone laut ini terjadi di perairan Pulau Bonrate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/12/2020).

Namun sebenarnya, drone sejenis pernah ditemukan juga oleh nelayan di Kepulauan Riau pada Sabtu (23/3/2019) lalu.

Berdasarkan penelusuran Tribun Pekanbaru, drone laut ini sebenarnya merupakan alat penelitian untuk merekam data di dalam laut, berupa suhu, pergerakan air hingga masalah polusi dan limbah.

Beberapa video singkat mengenai drone laut ini dapat dicari dengan mudah di Youtube dengan kata kunci 'ocean underwater atau sea gilder' atau 'ocean glider' atau drone underwater'.

Dilansir dari Kompas.com, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebut benda mirip rudal seberat 175 kilogram yang ditemukan di perairan Pulau Bonrate, Kepulauan Selayar oleh seorang nelayan, Sabtu (26/12/2020) tidak memiliki daya ledak. 

Ibrahim mengatakan, dari hasil koordinasi pihaknya dengan anggota TNI, benda berukuran 225 cm itu bukan bahan peledak. 

Untuk itu, Polda Sulsel tidak menurunkan tim gegana untuk menyelidiki benda tersebut.

"Belum ada indikasi yang membahayakan Kamtibmas lah jadi belum kita periksa. Kodim menemukan (benda) itu tidak ada bahan peledak maka tidak ada gegana yang kita turunkan," ujar Ibrahim saat diwawancara di aula Polairud Polda Sulsel, Rabu (30/12/2020).

Ibrahim menuturkan, benda yang ditemukan di laut itu memang bentuknya logam memanjang dan memiliki sayap.

Halaman
1234
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved