Breaking News:

Kabupaten Siak Riau Punya Perda Pondok Pesantren, Pemerintah Turut Serta Melakukan Pengembangan

Ketua Pansus Fasilitas Pengembangan Pondok Pesantren DPRD Siak Muhtarom mengatakan, Perda tersebut merupakan bagian dari upaya strategis Pemkab Siak

istimewa
Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman bersama Asisten III Setdakab Siak Jamaluddin menyerahkan masker kepada pimpinan pondok pesantren di Siak beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRD) Siak telah mengesahkan Perda tentang fasilitas dan pengembangan pondok pesantren.

Perda ini merupakan usulan pemerintah dalam rangka memberikan payung hukum kepada lembaga pendidikan pondok pesantren agar mendapat bantuan dari pemerintah.

Ketua Pansus Fasilitas Pengembangan Pondok Pesantren DPRD Siak Muhtarom mengatakan, Perda tersebut merupakan bagian dari upaya strategis Pemkab Siak.

Dalam rangka mendorong terwujudnya generasi muda yang islami dan beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, mandiri, seimbang dan moderat.

Baca juga: Tiga Gangguan Kamtibmas Tertinggi Selama 2020 di Dumai, Apa Saja Kejahatan yang Resahkan Warga?

Baca juga: ANJLOK, Pendapatan Sektor Pariwisata Siak Riau Selama 2020 Hanya Rp 533 Juta Lebih

Baca juga: Puluhan Miliar Potensi Pendapatan Daerah dari Kendaraan Bermotor di Riau Hilang Akibat Covid-19

"Jadi penyelenggaraan pendidikan pesantren sekarang difasilitasi dan dibina pemerintah daerah," kata Muhtarom, Jumat (1/1/2021).

Namun demikian, ia juga menyebut Pemkab Siak bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Poin penting pada Perda pengembangan pondok pesantren tersebut sangat menguntungkan pihak pondok pesantren dan para santri.

Seperti, pemerintah daerah memberikan dukungan dan pembinaan terkait penyelesaian sertifikasi lahan pendirian pesantren.

Pemerintah melakukan pembinaan dan pelatihan pengembangan pesantren, bantuan pendanaan pembangunan gedung pendidikan pesantren.

Bantuan pendanaan sarana dan prasarana penunjang gedung pendidikan pesantren.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved