Breaking News:

Niat Kuras Harta Janda Kaya Hampir Tercapai, TNI Gadungan Malah Ditangkap Pos Al Pelabuhan Ratu

Pos AL (Posal) Palabuhanratu berhasil menangkap pria bernama Sarif yang mengaku sebagai anggota Korps Marinir TNI AL.

Editor: Ariestia
TribunJabar.id/M Rizal Jalaludin
Pria yang mengaku anggota Korps Marinir TNI AL (tengah, tangan diborgol) diamankan di Mako Pos AL Palabuhanratu, Jumat (1/1/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menyamar sebagai anggota TNI, seorang pria menipu janda kaya lalu menguras harta korban.

Pos AL (Posal) Palabuhanratu berhasil menangkap pria bernama Sarif yang mengaku sebagai anggota Korps Marinir TNI AL tersebut.

Pelaku ternyata sudah mengaku-ngaku anggota TNI sejak 2016.

Penipuan itu dilakukan untuk menikahi janda kaya raya dan menguras harta korbannya.

Pos AL Palabuhanratu, Peltu Ede Ayi Jalaludin mengatakan, penangkapan dilakukan di kediaman istri yang baru saja ia nikahi di Kampung Cisitu, Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (31/12/2020).

"Bahwa memang benar Pos AL Palabuhanratu telah menangkap seorang TNI gadungan."

"Ini berdasarkan laporan dari masyarakat. Kami menangkap TNI gadungan ini di Kampung Cisitu, Ciemas, kami amankan ke Pos TNI AL Palabuhanratu," ujarnya di Pos AL Palabuhanratu, Jumat (1/1/2021).

Ia menambahkan, tersangka menjadi TNI gadungan untuk memperkaya diri dengan cara menikahi wanita kaya raya.

Ede menyebut, pria yang berasal dari Jalan Kalibaru Barat IV No. 5, RT 010/ 012, Kalibaru, Jakarta Utara itu sudah menjalankan aksinya sebagai TNI gadungan sejak tahun 2016 lalu.

"Setelah dilakukan pendalaman, tersangka ini mengaku bahwa dia ini TNI gadungan, jadi (aslinya, red) warga sipil."

"Dia ini sudah (jadi TNI gadungan) mulai dari 2016, kemudian motifnya ini dia ini mencari jodoh janda kaya kemudian dinikahi untuk memperkaya diri sendiri," ucapnya.

Palsukan Dokumen

Untuk meyakinkan wanita yang akan dinikahinya, tersangka memalsukan dokumen tanda anggota dan izin menikah yang disebut izin dari atasannya.

Bahkan, tak hanya berhasil mengelabui wanita yang ia nikahi, tersangka juga berhasil mendapatkan surat nikah asli dari KUA hanya dengan bermodalkan dokumen palsu TNI.

"Nikah dengan janda bernama Siti Maemunah di daerah Ciemas. Jadi Siti ini menanyakan apakah benar anggota TNI."

"Kemudian meminta legalitas formalnya dari tersangka ini, kemudian dia (tersangka) membawa surat palsu dari komandan untuk meyakinkan janda itu," ucapnya.

"Kemudian dia membawa surat palsu izin itu, kemudian dinikahkan secara resmi, surat nikah resminya ada, pekerjaannya TNI di sini (surat nikah), ini dikeluarkan oleh KUA Ciemas. Berarti dia ini telah memalsukan dokumen ke KUA," katanya.

Dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan adanya TNI yang datang ke kampung yang tiba-tiba ingin menikahi perempuan setempat.

"Saya selaku Danposal Palabuhanratu mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya dengan ada TNI yang datang ke kampung-kampung."

"Apalagi dengan motif penipuan atau menikahi perempuan di situ, jangan mudah percaya, atau kalau ada kejanggalan silahkan melapor kepada intansi TNI Polri setempat," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ini Motif Marinir Gadungan yang Diamankan di Ciemas Sukabumi, Nikahi Janda Kaya untuk Kuras Harta dan di Tribunnews.com dengan judul Pria Ini Ngaku Anggota Marinir TNI AL untuk Nikahi Janda Kaya dan Kuras Harta, Beraksi Sejak 2016.

Baca juga: Sosok Tersangka Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya, Ditangkap di Cianjur, Masih SMP

Baca juga: Kantongi Informasi Soal Pelaku Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya, Kemlu RI Beri Tanggapan Begini

Baca juga: Titip Istri dan Anak Pada Teman-teman Serta Surat untuk Pak Ustaz, Pria Ini Lalu Bakar Diri di Gang

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved