Breaking News:

Sidak Kamar Warga Binaan Rutan Dumai, Sejumlah Benda Terlarang Berhasil Disita

Kepala Rutan Kelas II B Dumai, ‎Pance Daniel Panjaitan mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melakukan Sidak ke masing-masing  kamar warga Binaan

istimewa
Petugas Rutan Kelas II B Dumai saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke masing-masing kamar warga binaan. 
TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Petugas Rutan Kelas II B Dumai melakukan sidak di kamar warga binaan.
Hal itu sebagai bentuk keseriusan untuk mencegah terjadinya peredaran narkoba di kalangan warga binaan pemasyarakatan (WBP).
Sidak yang dilaksanakan pada, Selasa (29/12/2020), langsung dipimpin oleh  Kepala Rutan Dumai, Pance Daniel dan didampingi Kepala keamanan Rutan (KPR), Pandu Akbar Wijayanto serta diikuti oleh seluruh petugas regu jaga malam.
Kepala Rutan Kelas II B Dumai, ‎Pance Daniel Panjaitan mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melakukan Sidak ke masing-masing  kamar warga Binaan‎ pada Selasa (29/12/2020). 
"Memang tidak  banyak yang didapat, hanya  barang barang seperti obeng, gunting dan beberapa alat terlarang lainnya yang kita temukan," katanya, Kamis  (31/12/2020).
Ia mengatakan, sidak tersebut  dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi kerawanan menjelang pergantian tahun serta mendisiplinkan WBP agar tidak melanggar tata tertib di rutan. 
Selain itu, tambahnya, Sidak ini juga  untuk mengantisipasi peredaran narkoba dan senjata tajam yang selama ini menjadi terget masalah besar.
"Kami  mencegah adanya barang haram tersebut, dan juga benda-benda terlarang masuk ke dalam rutan,  yang bisa menimbulkan masalah bagi warga binaan, khususnya di Rutan Dumai ini," ujarnya. 
Pance  menyebutkan  selalu  menekankan kepada Petugas regu jaga malam sebelum sidak agar melakukan tugas sesuai standar opersisonal. 
Untuk warga binaan, tambahnya, pihaknya memberitahukan akan memberikan tindakan tegas kepada warga binaan yang membawa barang terlarang dan mereka  yang  kedapatan akan di berikan hukuman sesuai dengan aturan yang berlaku.
"Beberapa barang terlarang seperti gunting, dan obeng, serta beberapa barang lainnya di sita sebagai barang bukti," pungkasnya. ( Tribunpekanbaru.com /donny kusuma putra)
Razia Mendadak di Kamar Lapas Perempuan Klas IIA Pekanbaru.

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Pekanbaru Kelas IIA Pekanbaru, menggelar operasi razia mendadak, Selasa (29/12/2020) malam.

Razia menyasar ke sejumlah kamar yang dihuni ratusan orang warga binaan pemasyarakatan perempuan.

Kegiatan dilaksanakan terhitung mulai pukul 22.00 WIB.

Kegiatan razia ini digelar untuk mencegah masuknya barang terlarang ke dalam Lapas.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru, Desi Andriyani.

Dengan turut didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Ema Tarigan, dan lain-lain.

Sebelum melakukan razia yang sifatnya insidentil ini, Kepala Lapas Perempuan Pekanbaru memberikan pengarahan kepada petugas agar melakukan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Kita akan memberikan tindakan tegas kepada warga binaan yang berniat membawa barang terlarang ke dalam blok hunian sesuai Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara," kata Kepala Lapas Perempuan Pekanbaru, Desi Andriyani.

Adapun hasilnya, petugas menemukan barang terlarang berupa gunting dan cermin di kamar hunian.

Barang terlarang tersebut langsung diamankan oleh petugas.

Sementara ditambahkan Kepala Pengamanan Lapas Perempuan Pekanbaru, Ema Tarigan menuturkan, gunting dan cermin itu menurut warga binaan yang bersangkutan, dipakai untuk riasan.

"Kita amankan saja agar tidak disalahgunakan. Kita dapatkan dari dua kamar hunian," tutur Ema.

Disinggung soal narkoba, Ema menyatakan dari hasil razia tadi malam, tidak ada ditemukan.

Ke depan disebutkannya, akan ada pengetatan lagi untuk antisipasi masuknya barang yang dilarang ke dalam Lapas.

Untuk diketahui, Lapas Pekanbaru Pekanbaru saat ini dihuni sekitar 354 orang warga binaan pemasyarakatan.(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda).

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved