Breaking News:

Penanganan Covid

Larangan WNA Masuk ke Indonesia Terhitung 1-14 Januari 2021, Ini yang Dilakukan Pihak Imigrasi Riau

Terhitung mulai 1 Januari 2021 kemarin, Warga Negara Asing (WNA) sementara dilarang masuk ke Indonesia.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: M Iqbal
Tribun Pekanbaru/RizkyArmanda
Suasana di Posko Pengendalian Percepatan Penanganan Covid-19 Bandara SSK II Pekanbaru, Sabtu (19/12/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Terhitung mulai 1 Januari 2021 kemarin, Warga Negara Asing (WNA) sementara dilarang masuk ke Indonesia.

Setidaknya larangan ini akan berlangsung sampai 14 Januari 2021 mendatang.

Langkah ini diambil Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), setelah munculnya mutasi jenis baru dari Covid-19, yang disebut-sebut tingkat penularan dan penyebarannya lebih cepat.

Larangan masuknya WNA, berlaku di seluruh terminal kedatangan internasional, baik bandara maupun pelabuhan. Termasuk juga di Provinsi Riau.

Menanggapi kebijakan tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun menuturkan, selama pandemi Covid-19, Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) khususnya di Pekanbaru, hanya melakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap charter flight (penerbangan carteran, red).

"Hanya melakukan pemeriksaaan keimigrasian bagi pesawat charter, itu pun setelah mendapat ijin dari Direktorat Jendral Imigrasi (Dirjenim) yang sifatnya insidentil," ungkapnya, Sabtu (2/1/2021) sore.

Lanjut dia, dengan adanya kebijakan pemerintah untuk melarang WNA masuk ke Indonesia mulai tanggal 1 sampai 14 Januari 2021, maka dengan sendirinya pesawat charter dimaksud tidak akan mendapatkan izin untuk masuk ke wilayah Indonesia.

Sampai nantinya, ada kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Indonesia berkenaan dengan hal tersebut.

Sementara itu, Kepala Divisi (Kadiv) Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Mujiyono mengungkapkan, saat ini pihaknya masih akan menunggu petunjuk lanjutan, terkait dengan aturan kedatangan WNA, khususnya yang masuk lewat TPI di Riau.

"Jadi kita menunggu Surat Edaran lagi dari Dirjen, nanti setelah tanggal 14 (Januari) seperti apa. Sampai sekarang kita belum terima suratnya. Karena itu kan ( larangan WNA masuk Indonesia) keputusannya dari Kementerian Luar Negeri ya. Jadi sampai sekarang memang tidak ada (WNA masuk ke Riau)," papar Mujiyono.

Kendati begitu ditegaskannya, jajaran keimigrasian di Riau, melalui operasi yang dilakukan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) dari tingkat Provinsi, Kabupaten, sampai Kecamatan, tetap melaksanakan pengawasan ketat.

"Pengawasan tetap dilakukan," pungkasnya.

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunpekanbaru.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

( Tribunpekanbaru.com /Rizky Armanda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved