Breaking News:

Lima KPU di Riau Mulai Persiapkan Diri untuk Bersidang di MK

Komisioner KPU Riau Divisi Hukum Firdaus mengatakan lima KPU Kabupaten Kota yang akan berperkara di MK mulai mempersiapkan diri

UNSPLASH.COM @bill_oxford
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisioner KPU Riau Divisi Hukum Firdaus mengatakan lima KPU Kabupaten dan Kota yang akan berperkara di Mahkamah Konstitusi (MK) mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi sidang.

"Saat ini kawan-kawan KPU di 5 kabupaten dan kota sedang mempersiapkan jawaban, daftar alat bukti, daftar saksi serta Kuasa hukum untuk dibawa ke sidang MK," ujar Firdaus kepada tribunpekanbaru.com Minggu (3/1/2021).

Menurut Firdaus, pihaknya khusus di Divisi Hukum lima KPU Kabupaten dan Kota pada Selasa (5/1/2021) akan rakor persiapan di KPU Riau, guna menghadapi sidang tersebut.

Sedangkan untuk jadwal persidangan di MK sendiri baru disampaikan untuk masing-masing kabupaten kota dan provinsi nanti 19 Januari mendatang.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi (Datin) Amiruddin Sijaya menyampaikan saat ini ada 5 Kabupaten yang akan memberikan keterangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP).

Lima daerah yang sudah dipastikan akan ikut bersidang di Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil suara Pilkada yakni, Inhu, Kuansing, Rohil, Rohul dan Meranti.

Amir meminta kepada Kabupaten/Kota yang akan menghadiri sidang tersebut agar mempersiapkan segala sesuatunya baik data, arsip maupun dokumen-dokumen lainnya.

"Bagi kawan-kawan Kabupaten/Kota yang akan pergi ke MK di Jakarta nanti, agar mempersiapkan seluruh data, arsip ataupun dokumen-dokumen yang diperlukan nantinya," pinta Amir.

Menurut Amir Bawaslu akan menyiapkan seluruh bahan yang tentunya akan diminta dalam persidangan tersebut.

"Bawaslu kan sifatnya memberikan keterangan terkait jalannya pelaksanaan pencoblosan hingga keputusan hasil suara,"ujar Amir. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved