Breaking News:

Kampar

Pariwisata Kampar Bisa Runtuh Jika Berkaca dari Tenggelamnya Kapal Banawa Nusantara

Asita menilai peristiwa tenggelamnya Kapal Banawa Nusantara di Danau PLTA Koto Panjang akan membuat wisatawan takut untuk berwisata di Kampar.

Istimewa/dishub.kamparkab.go.id
Kapal Banawa Nusantara 58 yang tenggelam di Danau PLTA Koto Panjang, Kampar beberapa hari lalu. 

BANGKINANG, TRIBUN - Peristiwa tenggelamnya Kapal Banawa Nusantara di Kabupaten Kampar dikhawatirkan akan meruntuhkan citra pariwisata di Kampar.

Ketua Asociation Of The Indonesian Travel Agencies (ASITA) Riau, Dede Firmansyah, yang juga sebagai pelaku dan penggiat pariwisata di Riau, Kamis (7/1) menilai peristiwa tenggelamnya Kapal Banawa Nusantara di Danau PLTA Koto Panjang akan membuat wisatawan takut untuk berwisata di Kampar.

"Terlebih lagi berwisata di destinasi yang berhubungan dengan wisata air," katanya.

Dede menuturkan aspek keselamatan merupakan hal yang terpenting dalam dunia pariwisata.

Tiadanya kepastian dan jaminan keselamatan bagi wisatawan akan membuat wisatawan takut untuk berwisata.

Ia berpendapat seharusnya dalam perjalanan pariwisata, terlebih dalam sebuah event pariwisata, penyelenggara haruslah mempersiapkan segala aspek dengan matang, terutama dalam aspek keselamatan.

Baca juga: Belajar Tatap Muka di Kampar, Beberapa Sekolah Terkendala Prokes

"Pada operasional transportasi seharusnya ada asuransi sebagai jaminan bagi penumpang, sebagai contoh pada transportasi kapal dan pesawat yang beroperasi di Indonesia haruslah ada sertifikat kelayakan," ucapnya.

Selain itu tiap perjalanan kendaraan transportasi juga mesti dilengkapi pemberitahuan prosedur keselamatan bagi penumpang.

Dede berpendapat, adanya peristiwa tenggelamnya Kapal Pariwisata di Kampar, Pemerintah Kabupaten Kampar harus kembali bekerja keras meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Ia berharap terkait keselamatan kedepannya bisa menjadi perhatian penting bagi dunia pariwisata. Ini tidak hanya untuk Kabupaten Kampar, tetapi juga untuk dunia pariwisata keseluruhan.

Halaman
1234
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved