Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Siap-siap, Komisi II DPRD Pekanbaru Akan Sidak Tempat Usaha untuk Tingkatkan PAD 2021

Komisi II DPRD Pekanbaru, terus mewanti-wanti Pemko Pekanbaru, untuk terus mendongkrak PAD setiap tahunnya.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi II DPRD Pekanbaru, terus mewanti-wanti Pemko Pekanbaru, untuk terus mendongkrak PAD setiap tahunnya.

Bahkan legislator meminta, agar OPD terkait menggali potensi-potensi pajak yang belum tersentuh selama ini.

Mengawali kinerja awal tahun 2021 ini, Komisi II yang dipimpin H Fathullah, mengagendakan sidak ke beberapa tempat usaha wajib pajak (WP), yang selama ini menjadi pundi-pundi kas daerah.

"Waktunya yang pasti dalam waktu ini.  Kami melakukan karena melihat target PAD Pekanbaru kok susah kali tercapai target rilnya. Ada apa," kata Sekretaris Komisi II Dapot Sinaga SE, Kamis (7/1/2021).

Suasana hearing Komisi II DPRD Pekanbaru dengan Bapenda Pekanbaru, bahas APBD Murni 2021, Senin (2/11/2020) di ruang Banmus.
Suasana hearing Komisi II DPRD Pekanbaru dengan Bapenda Pekanbaru, bahas APBD Murni 2021, Senin (2/11/2020) di ruang Banmus. (Istimewa)

Seperti diketahui, PAD Kota Pekanbaru ditargetkan selama tahun 2020 sebesar Rp 800 miliar lebih. Namun karena kondisi pandemi, Pemko Pekanbaru hanya bisa merealisasikannya sekitar Rp 500 miliar lebih.

Disebutkan politisi PDIP ini, hasil dari Sidak nanti, akan disingkronkan dengan kinerja OPD terkait. Sehingga ini akan dapat menjadi bahan kerja untuk dievaluasi ke depannya.

"Kami dari Komisi II akan melihat langsung bagaimana kinerja dari OPD nya, dan dari sini akan dapat dilihat bagaimana pula penerapan tapping bok pajak yang sudah dipasang, dan yang akan dipasang, " kata Dapot yang diamini Anggota Komisi II lainnya Munawar Syahputra.

Yang menjadi fokus pada sidak nanti adalah, pajak restoran, pajak perhotelan dan juga tempat hiburan. "Tidak menutup kemungkinan untuk sektor yang lain dari tiga ini, " tambahnya.

Capaian PAD Pekanbaru 2020 disebutkannya memang jauh dari harapan tercapai.

"Memang kita tahu bersama karena teror covid-19 yang melanda dunia. Hancur semuanya dan kita semua harus membiasakan dengan pola hidup baru untuk bangkit, " ujarnya lagi.

Namun kata Dapot lagi, pandemi ini tidak bisa juga dijadikan alasan di 2021 ini.

Karena Pemko juga sudah membuka peluang lagi untuk berusaha namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kepala OPD penghasil PAD, kita minta harus ada inovasi baru dan bekerja maksimal untuk dapat meningkatkan dan mencapai PAD sebanyak-banyak nya," katanya lagi.

Lebih dari itu, Komisi II mengingatkan kepada WP, untuk dapat membayar pajak tepat waktu, serta membayar sesuai prosedur yang ditetapkan.

"Harapan kami tentu tidak ada lagi yang main-main dengan persoalan pajak ini, semua akan kita buka secara transparan. Jadi, kami minta jangan ada yang bermain," sebutnya mengingatkan. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).
 

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved