Breaking News:

Siak

Warga Tualang Tidak Perlu Jauh-jauh ke Siak untuk Perekaman KTP El, Cukup di UPTD Capil Saja

Warga Tualang sebelumnya harus menempuh perjalanan dengan sepeda motor lebih satu jam ke Siak hanya untuk melakukan perekaman KTP

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Warga kecamatan Tualang tidak perlu lagi jauh-jauh ke Siak untuk perekaman KTP Elektronik. Sebab, di kantor UPTD Capil Tualang sudah disediakan pelayanan perekaman KTP El.

Kepala Sub Bagian UPTD Capil Tualang, Asmaryanti harus bolak -balik Tualang-Siak -Tualang minimal sekali seminggu untuk menjemput KTP el siap cetak milik warganya. Sebab, di UPTD Capil Tualang hanya memberikan pelayanan perekaman.

"Dengan adanya alat untuk perekaman KTP el di Tualang sangat memudahkan warga Tualang. Kami membantu untuk menjemput KTP el siap cetaknya ke kantor Disdukcapil Siak," kata dia di Siak, Jumat (8/1/2021).

Meski demikian, Asmaryanti merasa senang bisa melayani masyatakat dengan baik. Sebab, kondisi saat ini jauh berbeda dibanding sebelumnya.

Warga Tualang sebelumnya harus menempuh perjalanan dengan sepeda motor lebih satu jam ke Siak hanya untuk melakukan perekaman KTP el.

"Sejak Disdukcapil dikepalai Pak Hasmizal, maka di UPTD kami dilengkapi alat perekaman. Ini sudah berjalan sejak September 2020 lalu," kata dia.Perekaman KTP el pada semester 1 di kabupaten Siak persentasenya melebihi persetase nasional. Siak berhasil melayani perekaman KTP el untuk warganya mencapai 119 persen, sedangkan target nasional 98 persen.

"Pelayanan prima dapat kita lakukan, dengan membenahi 3 hal, yakni SDM, perangkat dan jaringan. Ini yang sedang kita kejar saat ini," kata Kepala Disdukcapil Siak Hasmizal.

Ia mengatakan, di kabupaten Siak ada 5 UPTD Capil. Dari 5 UPTD itu baru 2 yang bisa melayani perekaman, yakni Tualang dan Kandis. Sedangkan pencetakan dapat dilakukan di kantor Disdukcapil Siak setelah pengejuan persetujuan ke Kemendagri di acc.

"Kalau pusat langsung menyetujui data yang kita kirim maka sehari KTP el bisa kita cetak. Jadi sebenarnya pelayanan KTP el di Siak sehari siap, hanya saja persetujuan dari pusat kadang butuh waktu," kata dia.

Sedangkan untuk perekaman, Hasmizal menargetkan akan menambah peralatan pada 2021 ini. Minimal dapat diakomodir untuk 2 alat dan 1 alat dari dana DAK.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved