Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Bapemperda DPRD Pekanbaru: Ranperda PDAM dan Penanganan Covid 19 Sudah Siap Disahkan

Bapemperda DPRD Pekanbaru, akan memulai pembahasan 9 Ranperda yang tertunda disahkan akhir tahun 2020 lalu.

Internet
Ilustrasi Ranperda 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pekanbaru, akan memulai pembahasan 9 Ranperda yang tertunda disahkan akhir tahun 2020 lalu. Pembahasan digelar mulai Senin (11/1/2021).

Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE menyatakan, bahwa pembahasan akan dilaksanakan sesuai tahapan yang sudah dilakukan. Karena setiap Ranperda tidak sama progres pembahasannya.

"Yang mau rampung itu dua Ranperda. Tinggal sedangkan lagi pembahasannya, setelah itu bisa disahkan," kata Zulfahmi kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu petang.

Dua Ranperda yang mau rampung dibahas tersebut masing-masing, Ranperda PDAM dan Ranperda Penanganan Covid 19. Seperti diketahui, Ranperda PDAM merupakan Ranperda usulan Pemko Pekanbaru.

Sedangkan Ranperda Penanganan Covid 19, merupakan Ranperda inisiatif DPRD Pekanbaru. Lalu bagaimana dengan 7 Ranperda lainnya?

"Dari laporan Pansus, kalau untuk 7 Ranperda lainnya, masih ada beberapa kali pembahasannya. Karena harus ada kesesuaian naskah akademisnya (NA). Ini yang harus diseragamkan antara yang ada di NA dengan masukan tenaga ahli," terangnya.

Meski demikian, Bapemperda sudah mengingatkan kepada semua Pansus, agar untuk pengesahan Ranperda ini, paling lama sampai April 2021 nanti.

"Hal ini sesuai juga dengan aturan. Kan paling lambat April. Kan ini merupakan Ranperda Tahun 2020 lalu," sebutnya.

Seperti diketahui 9 Ranperda yang disampaikan Pemko Pekanbaru untuk dibahas DPRD, masing masing Ranperda penanganan Covid-19, Ranperda Pemberantasan Narkoba, Ranperda Perseroda PDAM, Ranperda Perseroda Sarana Pembangunan, Ranperda Perseroda Bank BPR, Ranperda Pendirian BUMD Transportasi Madani, Ranperda BUMD Sarana Pangan Madani, Ranperda BPPD, dan Ranperda Inovasi Daerah.

Untuk pembahasan 9 Ranperda ini, DPRD membaginya dengan tiga panitia khusus (Pansus).

Sembilan Ranperda yang kini dibahas Pansus DPRD Pekanbaru, terdiri dari 2 Ranperda Inisiatif DPRD, dan 7 Ranperda yang diajukan Pemko Pekanbaru. 2 Ranperda Inisiatif DPRD tersebut Ranperda penanganan Covid-19 dan Ranperda Pemberantasan Narkoba. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved