Breaking News:

Pilkada Dumai 2020

Penetapan Pemenang Pilkada Dumai 2020 Kemungkinan 18 Januari 2021

Jika memang tidak ada gugatan, maka selanjutnya akan dijadwalkan penetapan pemenang Pilkada Dumai 2020

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Rapat pleno internal di ruang rapat Kantor KPU Dumai. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Hampir sebulan Komisi pemilihan umum (KPU) Dumai, telah merampungkan pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pilkada 2020.

Namun, KPU masih belum melakukan penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih.

Ketua KPU Dumai, Darwis melalui Komisioner KPU Kota Dumai, Edi Indra mengungkapkan, bahwa tahapan selanjutnya setelah selesai pleno rekapitulasi perhitungan suara.

Selanjutnya adalah penetapan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih.

Ia menambahkan, satu dasar untuk menetapkan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih adalah adanya surat dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Dijelaskanya, hingga saat ini pihaknya masih menunggu surat dari MK tentang daerah yang tidak terdapat gugatan Pilkada 2020 dari paslon lainnya terkait hasil rekapitulasi suara yang telah dilaksanakan.

"Hingga saat ini, Minggu (10/1/2021), tidak ada informasi ada paslon di kota Dumai, yang akan menggugat ke MK,”katanya, Minggu (10/1/2021).

“Tapi kita masih menunggu dari MK sebagai dasar dalam menetapkan walikota Terpilih, diperkirakan surat itu akan keluar pada 18 Januari 2021,"imbuhnya.

Dijelaskannya, jika memang tidak ada gugatan, setelah mendapatkan surat pemberitahuan dari MK, yang diperkirakan pada 18 Januari 2021 tersebut, maka selanjutnya akan di jadwalkan penetapan Wali Kota Dumai dan Wakil Wali Kota Dumai terpilih.

"Untuk penetapan itu lima hari setelah kita mendapatkan surat dari MK,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved