Breaking News:

Berita Riau

Dua Ribu Lebih Pelaku Usaha di Pekanbaru Langgar Protokol Kesehatan Covid-19 

Tidak hanya warga, sejumlah pelaku usaha kuliner, seperti cafe, restoran dan rumah makan juga masih banyak yang belum menyediakan fasilitas kesehatan.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah pengendara yang tidak memakai masker terjaring dalam razia terhadap pelanggar protokol kesehatan, Kamis (7/1/2021) di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya depan Purna MTQ Pekanbaru. (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)  

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Kesadaran masyarakat Riau, khususnya di Kota Pekanbaru dalam menjalankan protokol kesehatan masih rendah.

 Warga banyak yang abai terhadap protokol kesehatan.

Tidak ada jaga jarak antara satu dengan yang lain.

Bahkan masih ada juga beberapa warga yang tidak menggunakan masker. 

Tidak hanya warga, sejumlah pelaku usaha kuliner, seperti cafe, restoran dan rumah makan juga masih banyak yang belum menyediakan fasilitas kesehatan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno: Tak Ada Sanksi bagi Warga yang Menolak Divaksin, Kita Tak Buat

Baca juga: VIDEO: Wakil Wali Kota Pekanbaru Nyaris Gagal Disuntik Vaksin Covid-19 Akibat Tensi Naik

Seperti tempat cuci tangan dan tidak ada pengaturan jarak pengunjung di tempat usaha mereka.

Sehingga antara satu pengunjung dengan pengunjung yang lain tetap duduk berdekatan.

Bahkan mereka banyak yang lepas, apalagi di lokasi-lokasi cafe, rumah makan dan restoran.

Menanggapi fenoma tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau Hadi Penandio,Kamis (14/1/2021) mengatakan, pihaknya terus melakukan kegiatan operasi dan patroli.

Kegiatan  tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga agar mematuhi protokol kesehatan (Prokes) saat beraktifitas di luar rumah. 

"Kita terus melakukan kegiatan patroli rutin dimasa Pandemi Covid-19 ini agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan yang sudah di anjurkan pemerintah. Kita sebagaimana diamanatkan Undang-Undang sebagai penegak Perda kita juga ikut menjaga ketentraman ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat," katanya.

Baca juga: Walikota Pekanbaru Firdaus Tidak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac China

Baca juga: Reaksi Tubuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac China: Nyeri hingga Pingsan, Ini Cara Atasinya

Patroli dilakukan guna menghimbau warga masyarakat agar mematuhi protkes dan memakai masker, agar terhindar dari Covid-19. Selama melakukan patroli dan operasi malam ini pihaknya melakukan tindakan teguran lisan dan sanksi sosial.

"Ada beberapa warga yang kita berikan teguran dan sanksi sosial, agar masyarakat lebih mematuhi dan sadar akan kesehatan. Bukan takut akan sanksi yang kita lakukan sesuai perda. Dimana ketika masyarakat sudah sadar akan kesehatannya tanpa ada aparat pun masyarakat akan tetap patuh," katanya. 

Selain melaksanakan patroli rutin yang kita lakukan semalam, Satpol PP Riau pada siang harinya juga melakukan Operasi Yustisi bersama TNI Polri, kepada perseorangan maupun pelaku usaha yang ada di Pekanbaru mulai dari bulan September sampai dengan Desember sekarang ini.

Menurutnya, untuk pelanggar yang tidak mengikuti Perda Provinsi Riau No. 04 Tahun 2020 pihaknya bersama tim Yustisi akan berikan sanksi baik perseorangan maupun pelaku usaha.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Meninggal, Negatif Covid-19 Ini Wasiat Terakhir Sosok Ulama Rendah Hati Itu

Baca juga: NYARIS Gagal,Wawako Pekanbaru Akhirnya Disuntik Vaksin Covid-19 Usai Rehat Sejenak

"Dari awal penegakkan peraturan gubernur dan peraturan daerah terkait protokol kesehatan hingga 13 Januari 2021, dilakukan peneguran secara pribadi atau orang dengan jumlah 3.770 teguran dan untuk teguran ke pelaku usaha sebanyak 2.289 teguran," kata Hadi. 

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Riau khususnya kota Pekanbaru untuk selalu melakukan ataupun mematuhi protokol kesehatan yang sudah diatur pemerintah pusat maupun daerah.

"Kami berharap kepada masyarakat Riau khususnya Pekanbaru untuk sama sama memutuskan mata rantai covid-19, dengan cara nencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," katanya. (tribunpekanbaru/Syaiful Misgiono)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved