Breaking News:

Reaksi Tubuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac China: Nyeri hingga Pingsan, Ini Cara Atasinya

Untuk mengatasi reaksi ringan lokal seperti nyeri, bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan, petugas kesehatan dapat menganjurkan penerima vaksin

(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Reaksi Tubuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac China: Nyeri hingga Pingsan, Ini Cara Atasinya. Foto: Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum teNgah menYuntikan vaksin covid-19 buatan Sinovac kepada dirinya sendiri, Jayapura, Papua, Rabu (13/1/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setiap vaksinasi pastinya memiliki efek terhadap tubuh manusia dan reaksi tubuh akan berbeda dan begitu juga dengan vaksinasi Covid-19 Sinovac China.

Reaksi tubuh setelah disuntik Vaksin Covid-19 atau vaksinasi Covid-19 Sinovac China ada bermacam-macam, mulai dari reaksi ringan hingga reaksi berat.

Reaksi ringan setelah disuntik Vaksin Covid-19 atau vaksinasi Covid-19 Sinovac China bisa berupa nyeri dan reaksi berat bisa sampai pingsan.

Dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes No. HK. 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19), dijelaskan bahwa secara umum, vaksin Covid-19 tidak menimbulkan reaksi pada tubuh, atau apabila terjadi, hanya menimbulkan reaksi ringan.

Vaksinasi memicu kekebalan tubuh dengan menyebabkan sistem kekebalan tubuh penerima, bereaksi terhadap antigen yang terkandung dalam vaksin.

Reaksi lokal dan sistemik seperti nyeri pada tempat suntikan atau demam dapat terjadi sebagai bagian dari respons imun.

Komponen vaksin lainnya, misalnya bahan pembantu, penstabil, dan pengawet juga dapat memicu reaksi.

Vaksin yang berkualitas adalah vaksin yang menimbulkan reaksi ringan seminimal mungkin namun tetap memicu respons imun terbaik.

Frekuensi terjadinya reaksi ringan vaksinasi ditentukan oleh jenis vaksin.

Dalam Surat Keputusan yang ditetapkan Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Budi Hidayat pada 2 Januari 2021 tersebut, diterangkan bahwa reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid-19 Sinovac China hampir sama dengan vaksin yang lain :

Halaman
1234
Penulis: pitos punjadi
Editor: Nolpitos Hendri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved