Breaking News:

Empat Hari Pascasuntik Vaksin Covid-19, Ini yang Dirasakan Kadis Kesehatan Riau

Kadis Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengimbau para tenaga kesehatan dan masyarakat yang akan disuntik vaksin agar tidak lagi ada yang menolak

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir
Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Melur, Pekanbaru, Jumat (15/1/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Empat hari pascapenyuntikan vaksin Covid-19 di Provinsi Riau, sejumlah tokoh yang sebelumnya divaksin mengaku tidak mengalami gejala apapun.

Tidak ada demam, badan panas maupun alergi.

Hal ini seperti yang diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Mimi Yuliani Nazir, Minggu (17/1/2021) mengungkapkan, pascadirinya melakukan vaksinasi, Kamis (14/1/2021) lalu ia mengaku tidak ada merasa gejala apapun.

Baik meriang maupun gejala lainnya.

“Alhamdulillah, saya sehat-sehat saja dan bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Tidak ada gejala apapun, setelah divaksin," katanya.

Mimi pun menghimbau kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang akan disuntik vaksin agar tidak lagi ada yang menolak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir (Capture Youtube)

Sebab vaksinasi ini merupakan program dan upaya pemerintah dalam meningkatkan imun dan kekebalan tubuh guna mencegah dan pengakhiri penyebaran Covid-19.

"Selanjutnya tenaga kesehatan telah menjalni vaksin, setelah itu baru tenaga publik lainnya, dan sudah ada jadwalnya,” kata Mimi.

Mimi menjelaskan, para tokoh yang telah divaksin akan diberi kartu bukti telah divaksin.

Kartu itu diberikan petugas kesehatan untuk dilakukan observasi selama 30 menit.

Selain itu, Mimi mengungkapkan, setelah para tokoh masyarakat ini disuntik vaksin hari maka 14 hari lagi mereka akan kembali disuntik vaksin untuk dosis yang kedua.

"Jadi nanti semua yang telah divaksin hari ini akan mendapat vaksin kedua. Karena ada dua dosis di Vaksin Sinovac. Vaksin ini sama dengan vaksin Maningitis, jadi perlakuannya sama," katanya.

Lebih lanjut Mimi mengatakan, selama 14 hari ke depan, jika peserta vaksinasi mengalami keluhan diharapkan untuk segera kontak petugas yang telah disiapkan.

Seorang tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Melur, Pekanbaru, Jumat (15/1/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)
Seorang tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Melur, Pekanbaru, Jumat (15/1/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)

"Bisa itu menghubungi kontak 119 atau nomor penanganan Covid-19 yang disiapkan. Itu nomor pengaduan yang bisa dihubungi," ujarnya.

Disamping itu, Mimi mengatakan sejauh ini pelaksanaan vaksinasi di Riau berjalan aman dan lancar.

Seluruh tokoh yang divaksin, termasuk dirinya juga mengaku tidak merasakan gejala apa-apa setelah divaksin, bahkan sampai 30 menit setelah divaksin juga tidak ada gejala apa-apa.

"Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada apa-apa, dan tidak ada keluhan peserta yang divaksin. Seperti saya tidak ada masalah, buktinya masih bisa berdiri di sini," katanya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved