Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru Sebut Pengangkutan Sampah Pihak Ketiga Gagal, Disarankan Swakelola Lagi

Bahkan sampai sekarang, tender pengangkutannya masih berproses di LPSE Pekanbaru.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pengelolaan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru, yang diserahkan kepada pihak ketiga beberapa tahun belakangan ini, dinilai gagal oleh DPRD Pekanbaru.

Mulai dikelola oleh dua perusahaan PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah sejak 2017-2020, hingga tahun 2021 ini.

Pengelolaannya ini dinilai sering bermasalah.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru,  melihat langsung kondisi tumpukan sampah di tepi Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru, Senin (4/12/2020).
Kepala DLHK Kota Pekanbaru, melihat langsung kondisi tumpukan sampah di tepi Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru, Senin (4/12/2020). (TRIBUNPEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG)

Bahkan sampai sekarang, tender pengangkutannya masih berproses di LPSE Pekanbaru.

Karena sering bermasalah, Komisi IV DPRD Pekanbaru yang membidangi masalah kebersihan sampah ini, menyarankan kepada Pemko Pekanbaru, agar melakukan swakelola lagi, pengangkutan sampah ini.

"Tahun 2021 ini kan pasti pihak ketiga lagi. Karena sudah terlanjur ditender, mari sama-sama kita awasi sampai akhir tahun. Tapi pada tahun 2022, harus swakelola," kata Ketua Komisi IV Sigit Yuwono ST, Senin (18/1/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Swakelola yang dimaksudkan Komisi IV, bahwa pengelolaan pengangkutan sampah tersebut, diserahkan ke pihak kecamatan atau kelurahan, namun tetap di bawah kendali Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru.

Nantinya, di setiap kecamatan atau kelurahan, dibentuk UPT DLHK, yang nantinya bertugas untuk melakukan pengelolaan sampah bersama Forum RTRW atau LPM.

Oleh Forum RTRW atau LPM ini nanti, sampah langsung diangkut dari rumah warga ke TPA Muara Fajar Rumbai.

"Yang bertanggung jawab pengangkutan sampah ini Forum RTRW atau LPM. Mereka yang memungut retribusinya, lalu dilaporkan ke UPT DLHK. Jadi, sampah harus diangkut setiap hari. Sehingga tidak perlu lagi TPS," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved