Breaking News:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pengobatan Rumahan

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan yang serius atau masalah struktural seperti pembengkokan septum.

Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Hidung tersumbat terasa berbeda untuk orang yang berbeda.

Biasanya ditandai dengan rasa berat atau tersumbat di dalam hidung.

Masalah umum ini biasanya dikaitkan dengan reaksi alergi, flu, dan flu biasa.

Tetapi juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan yang serius atau masalah struktural seperti pembengkokan septum.

Pengap terjadi ketika lapisan jaringan saluran hidung membengkak dan menghasilkan lendir berlebih, sehingga menyisakan sedikit ruang untuk pergerakan udara.

Hidung tersumbat cenderung berlanjut, mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu, sampai penyebab utamanya diobati.

Hidung tersumbat dapat diobati dengan pengobatan rumahan berikut:

1. Gunakan dekongestan nonprescription

Dekongestan adalah kelas obat yang membantu mengurangi pembengkakan dan pembentukan lendir di dalam hidung untuk memudahkan pernapasan.

Dekongestan mudah didapatkan tanpa resep di setiap apotek dan tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, dan sirup, obat tetes hidung, dan semprotan. Formulasi topikal umumnya bekerja lebih cepat dan efektif daripada formulasi oral.

Oxymetazoline dan phenylephrine adalah dua dari semprotan hidung yang paling banyak digunakan untuk meredakan hidung tersumbat.

Meskipun dekongestan nonprescription umumnya aman, Anda tidak boleh menggunakan lebih dari satu dekongestan sekaligus atau selama lebih dari 3 hari secara berurutan. Jika hidung tersumbat berlanjut, gunakan kembali dekongestan setelah jeda 3 hari.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan dekongestan jika Anda sedang mengonsumsi obat resep lain.

2. Hirup uap

Menghirup uap membantu mengencerkan lendir sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan. Ini mengurangi kemacetan di dada dan hidung sambil melumasi saluran pernapasan.

Anda juga bisa menambahkan beberapa siung bawang putih atau beberapa tetes minyak esensial ke dalam air panas atau bak mandi.

Minyak esensial terbaik yang bisa digunakan untuk tujuan ini termasuk kayu putih, peppermint, lavender, timi, pohon teh, kemenyan, jeruk bali, dan kamomil.

Cairan kuat ini memiliki berbagai khasiat obat dan menghirup uap terapeutiknya dapat membantu mengencerkan lendir yang kental, mengurangi peradangan di saluran udara, dan menggunakan aktivitas antimikroba untuk melawan infeksi yang mendasarinya.

Lakukan penghirupan uap dua kali sehari.

3. Lakukan irigasi hidung

Irigasi hidung adalah praktik mencuci rongga hidung untuk mengeluarkan lendir dan menghilangkan protein penyebab peradangan, iritan, bakteri, dan alergen dari saluran hidung.

Prosedur ini telah umum digunakan baik dalam Ayurveda dan praktik klinis untuk pengelolaan alergi, pilek, dan infeksi sinus, tetapi hanya disebutkan secara singkat dalam pedoman yang dikurasi ahli untuk pengobatan infeksi saluran pernapasan.

Irigasi hidung telah ditandai sebagai praktik yang aman oleh FDA AS, tetapi perangkat pembilas hidung seperti botol pemeras dan spuit bohlam harus disterilkan sebelum digunakan untuk mencegah risiko infeksi.

Selain itu, gunakan larutan garam steril dengan keseimbangan garam yang sesuai untuk menghindari iritasi.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan irigasi hidung, terutama jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

4. Gunakan gosok uap

Saat membandingkan vapor rub, petrolatum, dan tanpa pengobatan, vapor rub merupakan obat yang paling efektif dalam meredakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan bagian atas, sehingga memungkinkan pasien untuk tidur nyenyak tanpa gangguan.

5. Konsumsi teh herbal

Berdasarkan bukti anekdotal, jahe, bawang putih, dan peppermint dapat digunakan untuk khasiat antispasmodik dan antivirus untuk meredakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan umum seperti flu atau flu biasa.

Cara terbaik untuk memperoleh manfaat obat dari ramuan penyembuh ini adalah dalam bentuk teh.

6. Berikan kompres hangat

Menempatkan kompres hangat di atas sinus Anda dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah di area tersebut dan menurunkan peradangan pada jaringan atau pembuluh darah di bawahnya.

Selain itu, panas topikal yang lembut ini dapat membantu mencairkan lendir padat yang terkumpul di dalam saluran pernapasan Anda untuk memfasilitasi drainase dan dengan demikian meredakan hidung tersumbat.

Meskipun obat ini tidak memiliki dukungan ilmiah yang kuat, obat ini telah memberikan hasil yang baik bagi banyak pengguna dan patut dicoba asalkan Anda melakukannya dengan benar.

7. Coba saus / paprika pedas

Makan makanan pedas dapat membantu membersihkan hidung yang tersumbat dengan memfasilitasi drainase lendir.

Makanan ini mendapatkan panasnya dari capsaicin, yang merupakan bahan aktif utama cabai dan saus pedas.

Panas membantu mengencerkan lendir yang kental, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Inilah sebabnya mengapa Anda sering pilek setelah makan sesuatu yang sangat pedas.

Perawatan diri untuk meringankan hidung tersumbat

Ini yang bisa Anda lakukan untuk meringankan hidung tersumbat seperti dilansir dari emedihealth.

Minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Gunakan vaporizer atau pelembab kabut dingin di dalam ruangan, terutama di malam hari, untuk meningkatkan tingkat kelembapan. Ini membantu mengencerkan lendir, membuatnya lebih mudah bernafas.

Hindari penggunaan alat penguap air panas, terutama di sekitar anak-anak, karena air panas dapat membakar kulit.

Angkat kepala, duduk tegak, dan tidur dengan kepala terangkat. Ketidaknyamanan akibat hidung tersumbat meningkat saat Anda berbaring.

Gabungkan makanan kaya vitamin C dalam makanan Anda untuk meningkatkan kekuatan kekebalan Anda.

Konsumsi sup ayam hangat karena membantu mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan jaringan yang menyebabkan tersumbat.

Tingkatkan asupan asam lemak omega-3 karena membantu mengurangi peradangan.

Hindari alergen yang bisa memperparah sumbatan.

Jangan mengonsumsi biji-bijian, gula, produk susu, dan sayuran bertepung, karena dapat meningkatkan produksi lendir dan menyebabkan hidung tersumbat.

Gunakan strip hidung untuk memfasilitasi pembukaan saluran hidung, sehingga membantu mengurangi hidung tersumbat dan meningkatkan kualitas tidur.

Jangan berenang di kolam yang mengandung klor karena klorin dapat mengiritasi saluran hidung Anda.

Kurangi atau hindari asupan alkohol.

Meningkatkan asupan cairan Anda dapat membantu mengencerkan lendir untuk memudahkan pengeluarannya, dengan demikian membersihkan saluran hidung dan mencegah tetesan postnasal dan masalah lainnya.

Asap tembakau bertindak sebagai iritan dan meningkatkan peradangan pada saraf. Hal ini menyebabkan produksi lendir yang berlebihan, yang selanjutnya menyumbat hidung. Karena itu berhentilah merokok.

Tips mencegah hidung tersumbat

Hidung tersumbat bisa dicegah dengan menjaga gaya hidup higienis.

Jangan melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dan hindari berbagi makanan atau minuman dengan mereka.

Cuci dan bersihkan tangan Anda dengan benar. Ini membantu melindungi Anda dari kuman patogen.

Hindari alergen yang dapat memicu penyumbatan.

Gunakan humidifier dalam cuaca kering.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online

Editor: Ariestia
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved