Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Hasil Hearing Komisi IV DPRD Pekanbaru Rekomendasikan Swakelola Sampah, DLHK Bilang Begini

Setelah tender pengangkutan sampah ditender ulang, Komisi IV DPRD Pekanbaru langsung memanggil DLHK untuk dimintai penjelasan dalam hearing.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setelah tender pengangkutan sampah ditender ulang, Komisi IV DPRD Pekanbaru langsung memanggil Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, untuk dimintai penjelasan dalam hearing.

Hearing sudah dilaksanakan Selasa kemarin. Hasil Hearing tersebut Komisi IV merekomendasikan bahwa pengelolaan sampah dikembalikan ke seperti semula, yakni swakelola.

Jika dikelola secara swakelola, tentunya DLHK harus membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di setiap kelurahan.

"Jadi, semua anggota Komisi IV mengusulkan pengangkutan sampah dilakukan secara swakelola. Dengan swakelola itu, DLHK Pekanbaru tak harus membeli mobil. Tapi rental mobil untuk operasionalnya," papar Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST, Rabu (27/1/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Lebih lanjut disampaikan, jika swakelola dilakukan, maka keuntungan lainnya soal perawatan kendaraan, tak perlu ditanggung lagi.

Langkah seperti ini dinilai Komisi IV jauh lebih hemat. Sehingga DLHK tak perlu pengadaan 80 unit mobil untuk pengangkutan sampah.

"Kami sudah melihat perkembangan belakangan ini, makanya kami rekomendasikan solusi jangka panjang. Kalau lelang dilakukan, maka kejadiannya akan seperti ini terus," terang politisi senior Partai Demokrat ini.

Lebih dari itu, keuntungan lainnya setelah dibentuk UPTD di setiap kelurahan, maka retribusi sampah yang dipungut dari masyarakat tak bocor.

Selain itu juga, TPs otomatis tidak perlu lagi. Karena, mobil angkut sampah langsung mengangkut sampah dari rumah ke rumah, lalu dibawa ke TPA.

"Sekarang kan mengandalkan TPS oleh pihak ketiga itu. Wajar sampah menjamur dan menumpuk," katanya seraya menegaskan, untuk proses tender ulang ini, anggarannya tentu berkurang karena waktunya tak sesuai dari awal lagi.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved