Breaking News:

Pilkada di Riau 2020

Sidang PHP, Kuasa Hukum Rizal Zamzami-Yogi dari Inhu Bacakan Gugatan, Ini Respon Hakim MK

Kuasa hukum pasangan calon Rizal Zamzami-Yogi Susilo, Saut Maruli Tua Manik di hadapan hakim menyampaikan sejumlah materi gugatannya

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Sidang perdana perselisihan hasil Pilkada (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (26/1/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sidang perdana perselisihan hasil Pilkada (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah digelar untuk dua daerah dari Riau.

Yaitu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kepulauan Meranti.

Masing-masing kuasa hukum pemohon baru menyampaikan gugatannya di depan Hakim Konstitusi Selasa (26/1/2021).

Kuasa hukum pasangan calon Rizal Zamzami-Yogi Susilo, Saut Maruli Tua Manik di hadapan hakim menyampaikan sejumlah materi gugatannya.

Mulai dari pelanggaran yang diduga dilakukan termohon KPU Indragiri Hulu dan pasangan yang ditetapkan menang oleh KPU Rezita Meylani-Junaidi Rahmat.

Termasuk adanya temuan dikoyaknya surat suara yang sudah dicoblos oleh petugas KPPS, keterlibatan seluruh kepala desa (kades) se-Indragiri Hulu, dan kepala dinas di Pemkab Inhu.

Selanjutnya Saut juga menyampaikan saat ditanya Hakim Konstitusi apakah sudah dilaporkan ke Bawaslu perihal pelanggaran tersebut, pihaknya sudah melaporkan semuanya ke Bawaslu.

Hakim Konstitusi yang dipimpin langsung Anwar Usman tersebut langsung memerintahkan agar panitera mencatat gugatan dan meminta untuk menghadirkan pihak terkait pada agenda sidang berikutnya.

Selain Kabupaten Indragiri Hulu daerah lainnya dari Riau yang juga menjalani sidang pemeriksaan pendahuluan Selasa (26/1/2021) yakni sengketa di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Komisioner KPU Provinsi Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Firdaus pada sidang perdana mengikuti sidang pemeriksaan pendahuluan MK secara daring di Gedung Grand Mercure Jakarta.

"KPU Provinsi Riau mendampingi 5 daerah yang mengikuti tahapan perselisihan hasil di MK,"ujar Firdaus.

Sidang pemeriksaan pendahuluan MK pada pokoknya mendengarkan gugatan pemohon di depan Majelis Sidang MK.

Sebagaimana diketahui lima daerah yang mengikuti sidang perselisihan hasil pemilihan 2020 yakni Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kepulauan Meranti.

Selanjutnya untuk agenda sidang berikutnya tiga daerah di Riau yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kuansing akan digelar Jumat (29/1/2021) mendatang.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved