Breaking News:

Belum Ada Kepastian,Apakah Pilkada Pekanbaru dan Kampar Digelar 2022? Begini Penjelasan KPU

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menjelaskan, sampai saat ini belum ada kepastian pelaksanaan Pilkada 2022,pasalnya UU-nya saja proses revisi

Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setelah tahun 2020 lalu sembilan daerah di Riau menggelar Pilkada serentak, maka pilkada berikutnya untuk tiga kabupaten dan kota lagi kemungkinan digelar 2022 dan 2023.

Tiga daerah itua dalah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Indragiri Hilir.

Memang ada usulan masuk dalam program Legislasi nasional akan digelarnya Pilkada 2022, dimana masuk dua daerah di Riau yakni Pekanbaru dan Kampar.

Sedangkan Indragiri Hilir dan Pilkada Provinsi direncanakan masuk dalam jadwal Pilkada 2023 mendatang.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menjelaskan, sampai saat ini belum ada kepastian pelaksanaan Pilkada 2022, pasalnya Undang Undang nya saja proses revisi.

"Sampai sekarang belum ada keputusan, karena UU nya kan masih proses revisi jika memang ada pilkada di 2022 ini, karena di UU pilkada kan ditarik semua ke 2024, namun di RUU sekarang dimunculkan lagi akan ada di 2022,"ujar Ilham Muhammad Yasir.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau, Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto mengatakan hal tersebut dikarenakan, Rancangan Undang - Undang (RUU) Pemilu masih dalam pembahasan di DPR RI.

"Ada usulan 2022 dan 2023, tapi belum ditetapkan,"ujar Nugroho.

Dikarenakan belum ditetapkan tersebut, Nugroho mengatakan, sampai saat ini, UU yang menjadi pedoman dan masih berlaku, adalah UU no 1 tahun 2015, tentang Pilkada, sebagaimana diubah terakhir UU 6 tahun 2020.

"UU ini mengatur bahwa Pilkada akan diselenggarakan pada 2024," jelasnya.

Terkait hal tersebut, Nugi mengatakan, pada prinsipnya, KPU sebagai penyelenggara, sifatnya menunggu apa pembahasan dan hasil di DPR RI.

Halaman
123
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved