Breaking News:

Sampah Menumpuk, Armada Terbatas Jadi Alasan DLHK Kota Pekanbaru Terlambat Angkut

Kalau terlambat memang terlambat dari jadwal,normalnya angkutan 80 kendaraan.Sekarang cuma ada 37 unit, ujar Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono

TRIBUNPEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG
Proses pengangkutan sampah di depan Pasar Arengka, Kota Pekanbaru dibantu alat berat. DLHK Kota Pekanbaru saat ini terlambat mengangkut sampah karena terbatasnya angkutan sampah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Sampah masih menumpuk di sejumlah wilayah Kota Pekanbaru. Kondisi ini terjadi keterbatasan armada di masa transisi pengelola angkutan sampah.

Saat ini pengangkutan sampah dalam swakelola Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Armada yang mengangkut sampah hanya sebanyak 37 unit.

Jumlah kendaraan untuk mengangkut sampah saat ini belum memadai. Idealnya armada yang mengangkut sampah di Kota Pekanbaru mencapai 80 unit.

"Kalau terlambat memang terlambat dari jadwal, normalnya angkutan 80 kendaraan, sekarang cuma ada 37 unit," ujar Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono kepada Tribunpekanbaru.com Rabu (27/1/2021).

Keterbatasan armada membuat pengangkutan sampah jadi terlambat dari jadwal.

Pihaknya juga tidak mungkin menambah armada karena dibatasi regulasi administrasi penganggaran.

Kendaraan melintas didekat tumpukan sampah yang berada di Jalan Kapau Sari Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (11/1/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 
Kendaraan melintas didekat tumpukan sampah yang berada di Jalan Kapau Sari Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.  (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir)

Pihaknya kini melakukan swakelola terhadap pengangkutan sampah dari TPS ke TPA Muara Fajar. Mereka sudah mengangkut sampah yang menumpuk di wilayah kota sejak awal Januari 2021 lalu.

Pengelola angkutan sampah sebelumnya yakni PT. Godang Tua Jaya dan PT. Samhana Indah sudah berakhir kontraknya pada akhir Desember 2020.

Pihaknya pun terus mengangkut sampah di wilayah yang terdapat tumpukan sampah.
"Kita tetap ambil, namun memang butuh waktu mengangkut sampah di seluruh wilayah kota," terangnya.

Sejumlah titik tumpukan sampah tidak bisa terangkut sekaligus dalam satu hari. Ia mengaku paling lambat sampah terangkut dalam tiga hari.

Halaman
1234
Penulis: Fernando
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved