Breaking News:

Masih Ada Rumah Sakit yang Tolak Pasien Covid-19? Satgas: Perawatan Sepenuhnya Ditanggung Negara

Meski mendapat laporan pada 3 Januari 2021, terdapat sumber lain yang menyebut insiden itu terjadi pada 20 Desember 2020.

istimewa
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/12/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberi peringatan pada pihak rumah sakit agar tidak menolak pasien Covid-19 yang datang.

Hal ini menyusul adanya kasus seorang pasien di Depok, Jawa Barat yang ditolak rumah sakit, bahkan diharuskan membayar uang muka untuk mendapatkan ruang isolasi.

“Keadaan ini tidak bisa dibenarkan. Seperti yang selalu disampaikan, perawatan terkait Covid-19, sepenuhnya ditanggung negara, atau pemerintah,” tegas Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, Jumat (29/01/2021).

Dikutip dari covid19.go.id, Satgas mengimbau agar rumah sakit dapat mengikuti aturan Pemerintah dalam menangani pasien Covid-19

Jika tidak diindahkan pihak rumah sakit, ada sanksi yang akan dijatuhkan apabila terbukti adanya pelanggaran atas aturan tersebut.

Baca juga: CEK Ramalan Zodiak Hari Ini Minggu (31/1/2021): Gemini Saatnya Istirahat, Kontro Emosi Mu Virgo!

Baca juga: Anjing Tertinggi di Dunia Mati, Tercatat Sebagai Great Dane Raksasa di Buku Rekor Dunia

“Mohon agar semua rumah sakit mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, dan selalu berkoordinasi apabila ada kendala, agar tidak menyulitkan masyarakat,” tegas Wiku.

Wiku menyebut, Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 terus memonitor pelanggaran seperti itu.

Masyarakat yang mengalaminya diminta segera melaporkan ke dinas kesehatan atau satgas setempat.

Wiku juga menyampaikan anjuran Satgas agar para tenaga kesehatan berpartisipasi berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19.

Baca juga: AJAIB! Salju Selimuti Gunung Batu di Arab Saudi, Gurun Kerontang Tiba-tiba Dingin

Baca juga: CANGGIH! Drone Tempur Siluman China, Melesat 1000 Km per Jam Tanpa Terdeteksi

Wiku menyebut, tenaga kesehatan merupakan kelompok rentan karena menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi di Indonesia.

Halaman
12
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved