Breaking News:

Techno

Mirip iOS, Xiaomi Luncurkan MIUI 12.5 untuk Global, Ini Ponsel-ponsel yang Dapat Upgradenya

Secara bertahap, Xiaomi menyebarkan MIUI 12.5 untuk ponsel-ponsel Xiaomi yang mendukung, mulai dari Redmi Note 9 hingga Mi 10 Pro.

Xiaomi
Xiaomi resmikan software antarmuka MIUI 12.5. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pada akhir Desember 2020 lalu, Xiaomi telah memperkenalkan sistem antarmuka atau User Interface ( UI) terbarunya, yaitu MIUI 12.5.

Pengguna Xiaomi di China mendapat kesempatan pertama untuk menggunakannya.

Secara bertahap, Xiaomi menyebarkan MIUI 12.5 untuk ponsel-ponsel Xiaomi yang mendukung, mulai dari Redmi Note 9 hingga Mi 10 Pro.

Sedangkan, ponsel Xiaomi versi global alias yang dipasarkan di luar China masih harus menunggu.

Kabar terbaru, sistem antarmuka Xiaomi ini akan hadir dalam waktu dekat untuk pasar global.

Lewat sebuah unggahan yang dipublikasi melaluia Facebook, Xiaomi mengonfirmasi bahwa MIUI 12.5 akan diluncurkan secara global pada 8 Februari mendatang.

Unggahan tersebut dibagikan Xiaomi dalam bentuk poster yang bertuliskan kalimat "MIUI 12.5 Launch Event, 8 Februari 2021".

Xiaomi umumkan tanggal peluncuran MIUI 12.5 secara globalgizmochina.com Xiaomi umumkan tanggal peluncuran MIUI 12.5 secara global

Pada tanggal tersebut, Xiaomi kemungkinan akan menggulirkan versi stabil (stable) dari MIUI 12.5 untuk ponsel di luar China.

MIUI 12.5 merupakan penerus dari MIUI 12 yang telah dirilis pada Mei 2020 lalu. MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah fitur baru dan fokus pada bagian desain serta diklaim memberikan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Secara desain, tampilan MIUI 12.5 membawa sejumlah perubahan.

Xiaomi memberikan efek transisi yang mirip seperti sistem operasi iPhone, iOS.

Aplikasi bawaan (bloatware) pada MIUI 12.5 juga diklaim lebih sedikit dibanding sistem antarmuka lainnya yakni hanya sembilan aplikasi. Jumlah ini lebih sedikit ketimbang milik iOS 14.2.1 dengan 11 aplikasi bawaan.

Dari segi keamanan, MIUI 12.5 membawa mekanisme baru untuk meningkatkan privasi pengguna. Pengguna akan diberikan kontrol lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasinya.

Ada juga fitur "Super Wallpaper" yang bisa dipakai pengguna untuk menghiasi latar belakang (background) ponsel dengan gambar bertemakan pegunungan, seperti Siguniang Mountain, Shipwreck Bay, dan Blade’s Edge Mountain.

MIUI 12.5 diklaim memiliki konsumsi daya yang 25 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (1/2/2021), penggunaan memori di background juga diklaim berkurang hingga 35 persen.

Kendati begitu, Xiaomi belum mengumumkan perangkat apa saja yang akan kebagian pembaruan MIUI 12.5 global versi stabil (stable) nantinya.

Sebelumnya pada 30 Desember 2020 lalu, Xiaomi telah merilis MIUI 12.5 versi Closed Beta tahap pertama untuk beberapa perangkat yang kompatibel.

Redmi Note 7 Termasuk yang Terima Update MIUI 12.5

Sebelumnya sebagaimana diberitakan, Xiaomi resmi merilis MIUI 12.5 bersamaan dengan ponsel flagship  teranyarnya, Mi 11, pada Senin (28/12/2020).

MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah fitur baru dan fokus memberikan performa maupun kinerja yang kini diklaim lebih cepat.

Tampilan dan desain MIUI 12.5 juga dirombak, Xiaomi memberikan efek transisi yang mirip seperti sistem operasi iPhone, iOS.

Menyusul dirilisnya antarmuka baru, Xiaomi memberikan jadwal pembaruan beserta daftar perangkat yang kompatibel dengan MIUI 12.5. Jadwal ini untuk sementara ditujukan terbatas untuk perangkat yang dipasarkan di China.

Baca juga: Daftar Harga HP Xiaomi Desember 2020, Xiaomi Redmi Note 8, Redmi Note 9 Pro hingga Mi Note 10

Baca juga: Cocok Buat Belajar Online, Daftar HP Murah dari Xiaomi Sampai Samsung

"Jadwal pembaruan MIUI 12.5 ialah untuk ROM versi closed beta dan stable," tulis Xiaomi dalam blog komunitas resminya.

Untuk versi Closed Beta tahap pertama, Xiaomi membatasi pembaruan MIUI 12.5 pada 21 perangkatnya, yakni:

  • Mi 10 dan Mi 10 Pro
  • Mi 9 SE dan Mi 9
  • Mi 10 Lite
  • Mi CC9e dan Mi CC9 Pro
  • Redmi Note7 dan Redmi Note7 Pro,
  • Redmi K30, Redmi K30 Pro, Redmi K30 5G, Redmi K30 Ultra
  • Redmi K30S Ultra
  • Redmi K30i 5GMi 10 Ultra
  • Redmi K20 dan Redmi K20 Pro
  • Redmi 10X dan Redmi 10X Pro
  • Redmi Note 9

Sedangkan untuk Closed Beta tahap kedua, Xiaomi rencananya akan mulai mendistribusikan pembaruan MIUI 12.5 dari pertengahan hingga akhir Januari 2021. Perangkat yang bakal kebagian update ini, adalah:

  • Mi 9 Pro 5G
  • Mi CC9 dan Mi CC9 Meitu Edition
  • Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 4G
  • Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 8

Pembaruan MIUI 12.5 versi Public Beta Update juga baru akan dirilis secara bertahap mulai pertengahan hingga akhir Januari 2021.

Sedangkan MIUI 12.5 versi Stable Release akan disebar mulai April 2021 untuk smartphone berikut, Mi 11, Mi 10 Ultra, Mi 10 Pro, dan Mi 10.

"Perangkat-perangkat yang telah disebutkan (di atas) akan di-upgrade ke versi Android terbaru untuk memberikan pengalaman yang lebih baik," ungkap Xiaomi.

Sayangnya, Xiaomi belum memberikan jadwal pembaruan MIUI 12.5 untuk perangkat lainnya, termasuk untuk versi ROM Global. Namun, jadwal untuk perangkal global kemungkinan tidak akan terpaut jauh dibanding versi China.

Xiaomi memberikan catatan bahwa jadwal pembaruan ini dapat disesuaikan atau berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi pengujian.

"Jika ada perubahan, kami akan memberitahu Anda di postingan ini," tulis pihak Xiaomi, seperti dihimpun KompasTekno dari unggahan di forum komunitas Xiaomi, Kamis (30/12/2020).

Fitur-fitur baru di MIUI 12.5

Selain mendatangkan fitur dan tampilan baru, MIUI 12.5 juga diklaim membawa lebih sedikit bloatware (aplikasi bawaan) dibanding versi sebelumnya.

Aplikasi bawaan (bloatware) MIUI 12.5 dibandingkan OS lain.Xiaomi Aplikasi bawaan (bloatware) MIUI 12.5 dibandingkan OS lain.

Dalam presentasi, Xiaomi juga menampilkan hanya sembilan aplikasi bawaan di MIUI 12.5, dibandingkan iOS 14.2.1 dengan 11 aplikasi bawaan.

Selain itu, software antarmuka ini juga diklaim memiliki konsumsi daya yang 25 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen. Penggunaan memori di background juga diklaim berkurang 35 persen.

Soal keamanan, MIUI 12.5 membawa mekanisme baru untuk meningkatkan privasi pengguna, seperti kontrol lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasinya.

Fitur-fitur baru MIUI 12.5 mencakup motion effect, transisi ponsel ke laptop, super wallpaper, notifikasi suara, touch response, peningkatan privasi, serta sticky notes.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Xiaomi Umumkan Jadwal MIUI 12.5 untuk Global, dan telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12.5"


Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved