Breaking News:

Pilkada Kepulauan Meranti 2020

Sidang Sengketa Pilkada Kepulauan Meranti 2020, Bagaimana Kesiapan KPU? Ini Rumusan Strateginya

KPU Kepulauan Meranti menegaskan siap menjawab dalil pemohon ketika sidang perdana 26 Januari 2021 lalu

istimewa
KPU Kepulauan Meranti bersama kuasa hukum dalam persiapan menuju persidangan sengketa pilkada lanjutan beberapa waktu yang lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Menjelang sidang lanjutan sengketa Pilkada Kepulauan Meranti di Mahkamah Konstitusi (MK) 4 Februari mendatang pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti lakukan sejumlah persiapan.

Pihak KPU Meranti menegaskan siap menjawab dalil pemohon ketika sidang perdana 26 Januari 2021 lalu.

Demikian disampaikan oleh Divisi Parmas dan SDM KPU Kepulauan Meranti Hanafi S.Sos, Senin (1/2/2021).

"Setelah sidang MK pertama, langkah selanjutnya, kami KPU Meranti telah merumuskan jawaban dan alat bukti untuk menjawab dalil pemohon sebagaimana permohonan yang disampaikan pada sidang pendahuluan di MK kemarin," ujarnya.

Walaupun demikian Hanafi tidak menampik bahwa materi gugatan yang disampaikan pemohon tidak memenuhi syarat sesuai aturan selisih suara 2 persen.

"Seperti yang tertuang dalam pasal 185 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang mengatur ketentuan selisih suara 2 persen hingga 0,5 persen dari total suara sah agar bisa dilanjutkan di MK," ungkapnya.

Namun menurut Hanafi, saat ini pihaknya tidak bisa berasumsi jika proses perkara ini akan dikabulkan atau tidak karena keputusan tetap ada pada hakim MK.

Di mana dijelaskannya MK tidak hanya menyelesaikan hasil perselisihan.

Namun juga mengakomodir tentang perselisihan yang berkaitan dengan terstruktur, sistematis dan masif (TSM), bahkan money politiC.

"Untuk itu semuanya tergantung Hakim MK, apakah nantinya akan materi gugatan pemohon akan dikabulkan atau tidak. Makanya tidak bisa kami prediksi," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved