Breaking News:

Uji KIR Kendaraan di Dumai 6 Bulan tak Beroperasi, Apa Masalahnya? Ini Penjelasan Pj Walikota

Sidak dilakuka Pj Walikota Dumai untuk mengetahui persoalan yang terjadi di UPT Uji KIR yang mengakibatkan tidak beroperasi selama enam bulan

Internet
Ilustrasi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Baru beberapa hari berada di Dumai, Pejabat (Pj) Walikota Dumai, Jonli telah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke UPT Uji KIR Dumai, pada Selasa (2/2/2021).

Sidak itu dilakukannya, untuk mengetahui persoalan yang terjadi di UPT Uji KIR yang mengakibatkan tidak beroperasi selama enam bulan.

Jonli kawatir jika, permasalahan ini dibiarkan akan banyak kendaraan di Dumai yang tidak layak jalan berada di jalan raya.

Lebih lanjut dijelaskannya, setelah melakukan sidak, ternyata tidak beroperasinya Uji KIR Dumai lantaran ada persyaratan yang belum terpenuhi sesuai dengan Peraturan Kementerian Perhubungan.

"Uji KIR ini sangat penting untuk kelayakan kendaraan dijalan raya, juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan,"katanya kepada Tribunpekanbaru.com di RSUD Dumai, pada Rabu (3/2/2021).

"Saya nanti akan panggil Kadishub agar segera menyelesaikan persoalan ini, Dinas harus berjuang untuk menfungsikan kembali Uji KIR," sambungnya.

Menurutnya, Uji KIR merupakan rangkaian kegiatan menguji, memeriksa komponen kendaraan seperti truk, angkutan umum, pick up dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan.

Tujuan KIR itu, lanjutnya, untuk memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap penggunaan kendaraan tersebut.

Rangkaian uji kendaraan bermotor ini sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang.

Jadi, menurutnya KIR ini jangan dianggap sepele.

Setelah semua dicek, apabila ada kendaraan yang tidak lolos saat dilakukan pemeriksaan, harus diperbaiki sampai lolos baru diterbitkan surat tanda lulus kelayakan.

Halaman
123
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved