Breaking News:

Semburan Gas di Pekanbaru

Bukan Sekadar Fenomena Alam, Ini Kata Ahli Geologi Usai Cek Sampel Semburan Gas di Pekanbaru

Para ahli sudah datang dan mengambil sampel material di lokasi semburan gas di Pekanbaru

istimewa
Sampel material yang diambil Dosen Teknik Geologi, Universitas Islam Riau Husnul Kausarian di lokasi semburan gas di Pesantren Al Ihsan Tenayan Raya Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Semburan gas dan material lumpur yang terjadi sejak Kamis (4/2/2021) hingga Selasa (9/2/2021) hari ini belum berhenti.

Pihak terkait termasuk para ahli sudah datang dan mengambil sampel material di lokasi semburan gas di Pesantren Al-Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru.

Dosen Teknik Geologi Universitas Islam Riau, Husnul Kausarian termasuk di antaranya.

Bersama tim sudah turun ke lokasi semburan gas bercampur lumpur di Pondok Pesantren Al Ihsan Tenayanraya.

Timnya juga sudah mengambil kesimpulan setelah melakukan pengecekan sampel.

Sebagaimana diketahui terhitung, sudah 6 hari terjadi semburan gas di Pesantren Al-Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru.

Kejadian ini menurut Husnul sejatinya merupakan fenomena alam yang terjadi di daerah yang kaya akan sumberdaya alam minyak dan gas bumi (SDA Migas).

"Sebagaimana kita ketahui, Provinsi Riau secara umum wilayahnya kaya akan SDA migas, Riau terkenal sebagai daerah primadona penyumbang terbesar migas dari zaman dahulu yang menopang pembangunan Indonesia,"ujarnya.

Dosen Teknik Geologi Universitas Islam Riau, Husnul Kausarian (pakai kemeja biru) bersama tim saat mengambil sampel di lokasi semburan gas di Tenayan Raya Pekanbaru.
Dosen Teknik Geologi Universitas Islam Riau, Husnul Kausarian (pakai kemeja biru) bersama tim saat mengambil sampel di lokasi semburan gas di Tenayan Raya Pekanbaru. (istimewa)

Oleh karena daerah Riau merupakan bagian utuh dari Cekungan Sumatera Tengah (CST) yang dikenal sebagai cekungan penghasil migas yang besar.

Dari kondisi letak yang sangat strategis ini, bisa disimpulkan bahwa daerah-daerah di Riau memiliki kandungan migas yang besar.

"Kejadian munculnya semburan gas di daerah-daerah Riau sudah sangat sering kita dengar, bukan hanya di Pekanbaru, tapi sudah hampir merata di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau,"jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved