Breaking News:

Karhutla di Inhil

2 Ha Karhutla di Inhil Bikin Petugas Kelabakan Padamkan Api di Gambut, Berhasilkan Upaya Petugas?

Petugas gabungan dari Polsek Gaung, Danramil, pihak desa dan MPA Desa Belantaraya serta Desa Jerambang masih terus siaga terhadap Karhutla di Inhil

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Petugas gabungan setempat bersama masyarakat melakukan pendinginan di lokasi Karhutla di Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, GAUNG - Petugas pemadam sempat kelabakan berjibaku memadamkan api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sekitar 2 hektare (Ha) di Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil, Riau.

Selain di Desa Belantaraya, Karhutla juga mengenai wilayah Parit Kemang Dusun Lestari, Desa Jerambang, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil.

Hingga Rabu (10/2/2021), kebun masyarakat yang bestruktur tanah gambut dengan geografis dataran rendah ini sudah dalam kondisi sudah tidak ada api atau padam.

Situasi kini dalam keadaan aman dan terkendali.

Namun petugas gabungan dari Polsek Gaung, Danramil setempat, pihak desa dan MPA Desa Belantaraya serta Desa Jerambang masih terus siaga terhadap Karhutla.

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan melalui Kassubag Humas AKP Warno menjelaskan, titik panas (hotspot) telah terpantau oleh satelit pada Minggu (8/2/2021).

Sehingga, pemasangan police line di lokasi Karhutla pun dilakukan dan dipimpin langsung oleh Kapolsek Gaung AKP Anwar.

Petugas melakukan pendinginan di lahan gambut yang terbakar.
Petugas melakukan pendinginan di lahan gambut yang terbakar. (istimewa)

Kegiatan pemadaman dan pendinginan terus dilakukan oleh menggunakan alat, antara lain, 1 unit mesin ministriker milik Polsek Gaung.

Satu unit mesin ministriker milik PT BDL, 1 unit mesin robin dan selang sebanyak 40 roll sepanjang 800 meter.

“Melakukan pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar dengan cara penyekatan lahan dan penyemprotan,”ungkap AKP Warno.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved