Breaking News:

Karhutla

Karhutla Mengintai Riau Segera Tetapkan Status Siaga, Apa Upaya Pemprov Riau Cegah Karhutla di Riau?

Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu penetapan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tingkat kabupaten kota.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ilham Yafiz
istimewa
Pemadaman Karhutla di Kecamatan Bantan Bengkalis oleh petugas gabungan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu penetapan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tingkat kabupaten kota.

Ada empat kabupaten kota yang didesak untuk segera menetapkan status siaga Karhutla. Yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Rohil dan Bengkalis.

"Artinya jika empat daerah tersebut sudah menetapkan maka kita akan lansung tetapkan statusnya tingkat Riau," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Rabu (10/2/2021). 

Gubri Syamsuar berharap dengan ditetapkannya status siaga darurat Karhutla sedini mungkin, diharapkan pencegahan terjadinya Karhutla juga bisa dilakukan dengan cepat, sehingga tidak semakin meluas.

Sebagai langkah antisipasi, Gubri Syamsuar bersama instasi terkait yang tergabung dalam Satgas Pencegahan dan Penanganan Karhutla Riau telah melakukan sejumlah antisipasi.

Di antaranya adalah dengan melakukan pemetaan kembali daerah rawan bencana.

"Kemudian kita juga melakukan inventarisasi kembali terhadap izin perusahaan perkebunan dan pengusahaan hutan yang beroperasi di wilayah Provinsi Riau," kata Gubri Syamsuar

Selain itu pihaknya,  melibatkan perusahaan dalam patroli bersama yang dapat dimonitor langsung oleh Satgas Karhutla Provinsi Riau.

Serta penyediaan alat pertanian di 75 kecamatan yang rawan karhutla dan penyediaan tanaman yang ramah terhadap lingkungan.

Tidak hanya itu, sebagai langkah pencegahan, pihaknya juga melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan sebagai zona penyangga, sehingga menciptakan eko wisata terutama dikawasan taman nasional, hutan lindung dan hutan konservasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved