Breaking News:

Barongsai Tak Ada, Berkerumun Dilarang, PSMTI Pelalawan Minta Rayakan Imlek di Rumah Saja

Perayaan Imlek tahun 2021 ini sangat berbeda lantaran di tengah pandemi. Atraksi barongsai bakal absen dan PSMTI minta rayakan Imlek di rumah saja

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Ilustrasi Barongsai. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Besok, Jumat (12/2/2021), merupakan Hari Raya Imlek atau kerap disebut tahun baru Cina.

Seluruh masyarakat Tionghoa merayakan Imlek yang ditandai dengan secara libur nasional.

Namun perayaan tahun baru Imlek tahun 2021 ini sangat berbeda lantaran di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang belum tuntas.

Alhasil perayaan Imlek dilaksanakan secara sederhana dan tidak sesemarak dari tahun-tahun sebelumnya, untuk menghindari kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan virus corona.

"Yang pastinya kita sudah umumkan kepada semua keluarga anggota untuk tidak menggelar perayaan Imlek besok," terang Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Kabupaten Pelalawan, Edy Gunawan kepada Tribunpekanbaru.com Kamis (11/02/2021).

Edy Gunawan menyatakan, perayaan secara sederhana berpedoman pada protokol kesehatan (prokes) yang dianjurkan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Keluarga PSMTI hanya menggelar ibadah secara terbatas dengan membagi jadwal serta jumlahnya.

Pria yang akrab disapa Akun ini memastikan tidak ada acara kumpul keluarga besar yang menciptakan keramaian dan kerumunan.

Anggota diminta tetap di rumah saja dan merayakannya di rumah masing-masing dengan mencegah perkumpulan dalam jumlah besar.

Bahkan pertunjukan Barongsai yang menjadi kebiasaan rutin juga ditiadakan.

"Pokoknya di rumah saja dan kita patuh menjalankan anjuran pemerintah. Ini untuk kebaikan bersama," tambah Akun.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved