Breaking News:

CEK PREDIKSI Saham: ANTM, PTBA, hingga TINS diprediksi Cuan

Berikut adalah prospek, analisis fundamental, dan rekomendasi sejumlah emiten pertambangan di tahun kerbau logam

DOKUMENTASI TRIBUN PEKANBARU / THEO RIZKY
Analisa pergerakan harga saham. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sejumlah ahli fengshui dan astrologi Tionghoa meyakini, tahun kerbau logam akan menjadi tahun yang prospektif bagi emiten pertambangan, khususnya tambang logam dan batubara.

Berikut adalah prospek, analisis fundamental, dan rekomendasi sejumlah emiten pertambangan di tahun kerbau logam dari Analis NH Korindo Serkuritas Indonesia Maryoki Pajri Alhusnah.

PT Vale Indonesia (INCO)

Produksi nikel INCO diperkirakan akan menurun tahun ini seiring adanya proyek pembangunan ulang tungku (rebuild furnace) 4 yang diagendakan tahun ini.

Maryoki memproyeksikan, dengan berasumsi adanya rebuild furnace, produksi INCO tahun ini akan berada di rentang 65.000 ton– 68.000 ton. Proyeksi ini juga dengan menimbang faktor fenomena La Nina. Sebagai perbandingan, INCO memproduksi 72.237 ton nikel dalam matte sepanjang 2020 atau naik 2% secara tahunan.

Secara umum, Maryoki memproyeksi kinerja INCO tahun ini akan relatif pulih dan tumbuh dibanding tahun 2020 dengan asumsi adanya pemulihan ekonomi, kampanye green energy dari rezim Joe Biden yang bisa memicu pertumbuhan kendaraan listrik, dan lancarnya proses vaksinasi.

Di sisi lain, INCO juga memiliki kontrak jangka panjang yang mana semua produknya akan dikirim ke Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining atau holding dari INCO sendiri.

“Jadi penjualan INCO akan aman dengan kontrak jangka panjang tersebut,” sambung dia. Maryoki merekomendasikan jual (sell) saham INCO dengan target harga Rp 4.530.

Aneka Tambang (ANTM)

Maryoki menilai, produksi dan volume penjualan ANTM akan mulai tumbuh tahun setelah kinerja operasional tahun lalu menurun. Meskipun memang, kenaikan ini diproyeksikan akan belum signifikan.

Halaman
123
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved