Breaking News:

Kejari Pekanbaru Ungkap Pola Pungli Retribusi Sampah, Nilai yang Dikutip Tidak Sesuai Perwako

Tim jaksa Seksi Intelijen Kejari Pekanbaru masih terus mendalami dugaan pungutan liar (pungli) retribusi sampah di Kota Bertuah.

TRIBUNPEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim jaksa Seksi Intelijen Kejari Pekanbaru masih terus mendalami dugaan pungutan liar (pungli) retribusi sampah di Kota Bertuah.

Sejumlah orang dari pihak terkait sudah dipanggil untuk diklarifikasi. Jumlahnya sudah sekitar 10 orang.

Beberapa diantaranya adalah pihak dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Berdasarkan hasil pengumpulan data sementara, uang retribusi yang dikutip oleh pihak yang tidak bertanggung jawab itu, ternyata melebih nominal yang tertera di Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru.

"Jadi ada beberapa data yang kami lihat (nominal yang dikutip) melebihi dari Perwako," kata Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Pekanbaru, Lasargi Marel, Kamis (11/2/2021).

Marel menegaskan, tim saat ini masih akan mengembangkan siapa otak dibalik kegiatan pungli retribusi sampah yang tak sesuai aturan itu.

"Ini lagi dikembangkan. Karena sistemnya kan sekarang ini perpanjangan tangan. Bendahara yang kita konfirmasi itu tidak mengetahui, siapa saja yang dipungutnya, berapa, di mana (dipungutnya), dia tidak tahu itu. Dia hanya menerima setoran saja," ungkap Kasi Intelijen Kejari Pekanbaru.

"Jadi memang petugas pungut ini (yang tahu). Petugas pungut ini kan perpanjang tangan lagi. Jadi kita berharap (dapat diketahui) dari kartu retribusi," lanjut dia.

Namun dipaparkan Marel, pihaknya menemukan banyak masyarakat di kecamatan yang tidak memegang kartu pungutan retribusi sampah.

"Fakta di lapangan banyak yang tidak pakai kartu retribusi (sampah). Inilah banyak pihak-pihak yang memainkan, yang nominal di Perwako berapa, yang dikutip berapa," bebernya.
Sebelumnya, diduga ada keterlibatan dari oknum dinas terkait dalam penyimpangan retribusi sampah dalam bentuk pungli ini.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved