Breaking News:

Tengku Buwang Asmara Menuju Pahlawan Nasional, Sudah Terpenuhi 3 Syarat

Pemkab Siak terus menggesa proses pengusulan Tengku Buwang Asmara yang bergelar Sultan Abdul Jalil Muzafarsyah menjadi pahlawan nasional.

istimewa
Makam Tengku Buwang Asmara, Sultan ke-2 Siak di kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemkab Siak terus menggesa proses pengusulan Tengku Buwang Asmara yang bergelar Sultan Abdul Jalil Muzafarsyah menjadi pahlawan nasional.

Setidaknya sudah terpenuhi 3 syarat yang ditetapkan kementrian sosial.

Kepala Dinas Sosial Siak Wan Idris mengatakan, tiga syarat yang telah terpenuhi itu adalah daftar riwayat hidup perjuangan calon pahlawan nasional, biografi calon pahlawan nasional dan dokumen pendukung calon pahlawan nasional.

Sarat lainnya akan diselesaikan dalam waktu dekat sehingga pihaknya segera mengusulkan melalui gubernur Riau.

“Kita juga sudah membuat naskah sejarah Tengku Buwang Asmara, bagaimana perjuangan beliau melawan Belanda yang terkenal dengan perang Guntung di Sabak Auh,” kata Wan Idris kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (11/2/2021).

Wacana pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi pahlawan nasional sudah bergulir sejak 2017 lalu.

Pemkab Siak secara internal mulai melakukan pengumpulan sama hingga membuat naskah sejarahnya.

“Kita memulai langkah dengan menggelar rapat koodinasi bersama Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). Ada 13 unsur yang terlibat, seperti sejarawan, budayawan, praktisi, akademisi dan lain-lain. Ini tim independen untuk menelaah sejarah Tengku Buwang Asmara,” kata dia.

Idris menyebut pihaknya terus melakukan rapat koordinasi dengan TP2GD dan meminta agar segera ditetapkan Tengku Buwang Asmara sebagai calon pahlawan nasional. Setelah itu, pihaknya baru mengusulkan ke gubernur Riau dan gubernur Riau mengusulkan ke pusat.

“Setelah itu baru kita laksanakan seminar nasional. Tanggungjawab seminar nasional ini bisa dilaksanakan Pemprov Riau. Kita berharap Pemprov yang mengadakan seminar,” kata dia.

Halaman
1234
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved