Breaking News:

Bisa Diakses Orang Lain, Begini Cara Mengetahui Penyusup di Jaringan WiFi Kita

Nah, ada banyak cara untuk mengetahui siapa atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kita.

Tribunsumsel.com/unsplash
Ilustrasi Wifi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Meskipun sudah memiliki pasword, jaringan wifi kita ternyata bisa diakses orang lain. 

Dengan demikian jika memiliki koneksi internet dengan jaringan WiFi sendiri, keamanan jaringan merupakan hal yang penting diperhatikan.

Sebab, orang lain bisa saja mengakses jaringan wireless tersebut dengan berbagai cara demi mendapatkan akses internet, misalnya seperti membobol atau mencoba menebak kata sandi (password) WiFi tersebut.

Nah, ada banyak cara untuk mengetahui siapa atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kita. Salah satu yang paling umum adalah mengunjungi laman admin dari router masing-masing melalui browser internet.

Namun, hal ini bisa dibilang kurang praktis lantaran Anda harus membuka browser dan memiliki akses admin ke laman tersebut.

Alternatif lainnya adalah menggunakan beragam aplikasi pemantau jaringan WiFi yang bisa dipasang di smartphone, seperti Fing - Network Scanner yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store. 

Menariknya, aplikasi yang juga tersedia di komputer desktop (Windows/Mac) ini bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi, meski kita tidak punya akses ke halaman admin router. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Cara pakai Fing

Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools di smartphone Android.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools di smartphone Android.

Pertama-tama, pastikan Anda tersambung dengan jaringan WiFi Anda sendiri. Dalam hal ini, jaringan WiFi KompasTekno bernama "Cilok Mang Oleng".

Lalu, unduh aplikasi Fing dari Google Play Store/App Store. Usai di-download, buka aplikasi tersebut dan klik tombol "Scan for devices".

Halaman
123
Editor: M Iqbal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved