Breaking News:

BREAKING NEWS : Gubernur Riau Syamsuar Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Riau

Gubernur Riau Syamsuar resmi menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Riau pada Senin (15/2/2021)

Dok. Polres Kepulauan Meranti
BREAKING NEWS : Gubernur Riau Syamsuar Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Riau. Foto: Petugas Polsek Rangsang melakukan pemadaman api karhutla yang terjadi di Desa Wonosari, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Senin (8/2/2021). Dalam kasus ini, petugas menangkap satu orang pelaku yang membakar lahan tersebut. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar resmi menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Riau pada Senin (15/2/2021).

Status siaga darurat Karhutla di Riau yang ditetapkan Gubernur Riau Syamsuar itu diberlakukan hingga 31 Oktober 2021 mendatang. 

Penetapan status siaga darurat Karhutla di Riau ditetapkan berdasarkan peraturan Gubernur Riau Syamsuar nomor 9 tahun 2020 tentang prosedur tetap kriteria penetapan status keadaan bencana dan komando satuan tugas pengendalian bencana Karhutla di Riau dan situasi tersebut.

"Dengan sudah ditemukannya Karhutla di Riau disejumlah wilayah dan sudah ditetapkan status siaga darurat karhutla di Tiga kabupaten, yakni Dumai, Bengkalis dan Rokan Hili (Rohil) maka hari ini status siaga darurat Karhutla di Riau resmi saya tetapkan terhitung mulai hari ini 15 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021 mendatang," kata Syamsuar saat memimpin rapat koordinasi penetapan status siaga darurat Karhutla Riau di Gedung Daerah, Senin (15/2/2021).

Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan, selain ancaman Karhutla di Riau , saat ini Riau juga sedang dihadapkan dengan wabah Covid-19.

Maka, dibutuhkan kerja maksimal untuk mencegah dan menangani bencana ini.

"Ditengah ancaman bencana non alam Pandemi Covid-19, saat sampai saat ini masih terjadi dan belum tau kapan akan berakhir, kita juga sedang dihadapkan dengan ancama Karhutla," katanya.

Hingga saat ini total luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 55,71 hektare yang tersebar empat kabupaten kota.

Terluas ditemukan di Kabupaten Siak seluas 33 hektare, kemudian di Bengkalis 17,7 hektare, di Rohil 5 Hektare dan di Dumai 0,01 hektare.

"Dengan ditetapkanya status siaga ini, maka Satgas langsung mempersiapkan diri, baik saranan dan prasaran untuk melakukan pencegahan," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved