Breaking News:

Bupati Siak Alfedri Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Siak

upati Siak Alfedri menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Siak 2021 pada Senin (15/2/2021).

TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Bupati Siak Alfedri Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Siak. Foto: Anggota Manggala Agni KLHK Daops Siak melakukan pendinginan di areal perkebunan yang terbakar di kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Jumat (5/2/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Siak 2021 pada Senin (15/2/2021).

Penetapan status siaga darurat Karhutla di Siak ini sudah melalui mekanisme dan rapat koordinasi dengan instansi terkait.

“Ini juga arahan Pak Gubernur bahwa untuk penetapan provinsi siaga darurat Karhutla di Riau harus didahului oleh kabupaten/kota.

Jadi kita adalah daerah ke empat setelah Bengkalis, Meranti dan Dumai menetapkan status siaga Karhutla,” kata Alfedri didampingi Asisten I Setdakab Siak L Budhi Yuwono.

Ia menerangkan, penetapan ini juga telah melalui rapat virtual dengan Gubernur Riau Syamsuar dan jajaran.

Kebijakan ini diambil karena berkurangnya air permukaan tanah akibat masuknya musim kemarau.

Selain itu, Siak juga mengalami dua kasus Karhutal pada Februari 2021 ini, yakni di Kampung Bunsur, kecamatan Sungai Apit dan kampung Sungai Mempura, kecamatan Mempura. 

Pada penetapan status siaga darurag Karhutla juga Forkompinda Kabupaten Siak dan stakeholder.

Kebijakan ini untuk memberikan kewenangan kepada masing-masing OPD, camat dan penghulu kampung untuk lebih leluasa bertindak bila terjadi Karhutla. 

“Leading sektor dari Pemkab Siak adalah BPBD, namun semua instansi, camat dan pemerintah kampung ikut terlibat,” kata dia.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved