Breaking News:

Pelalawan

Banyak Nakes yang Hamil dan Menyusui, Vaksinasi Dosis Kedua di Pelalawan Masih Rendah

Realisasi vaksinasi Covid-19 tenaga kesehatan di Pelalawan masih rendah. Pihak Dinkes mengklaim penyebabnya banyak nakes hamil dan menyusui.

Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung
Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi dosis kedua di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Dinas Kesehatan (Diskes) telah menjalankan program vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan Riau dengan sasaran Tenaga Kesehatan (Nakes) hingga pekan ketiga Bukan Februari ini.

Penyuntikan vaksin Covid-19 telah berjalan satu bulan yang dimulai sejak 14 Januari lalu dengan percontohan tujuh orang pejabat dari unsur Forkopimda dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pelalawan.

Setelah penyuntikan vaksin Sinovac dosis pertama, dilanjutkan dengan penyuntikan dosis kedua 14 hari kemudian.

Alhasil penerima vaksin dua dosis dinyatakan telah menjalani vaksinasi hingga tahap akhir.

"Setelah vaksinasi dosis kedua, yang bersangkutan sudah berhak menerima sertifikat vaksin. Jika melakukan perjalanan tidak perlu lagi melakukan swab maupun rapid test," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (16/02/2021).

Video: Minggu Kelima Vaksinasi di Kabupaten Kampar, 640 Nakes Ditunda dan 712 Nakes Batal Divaksin

Video: Sempat Tertunda 2 Minggu, Ini Reaksi Bupati Siak Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Asril menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki hingga saat ini 574 orang telah divaksin hingga dosis kedua dan target 900 orang.

Berarti pencapaiannya masih 63,78 persen dari seluruh tenaga medis yang berkerja di Fasilitas Kesehatan (Faskes) milik pemerintah daerah.

Adapun rinciannya yakni dokter spesialis dua orang, dokter umum 55 orang, 133 perawat, 175 bidan, dan 209 tenaga penunjang lainnya.

Nakes tersebut tersebar di 15 Faskes di Pelalawan, diantaranya 14 Puskesmas dan 1 rumah sakit. Tertinggi ada di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci 120, menyusul RSUD Selasih Pangkalan Kerinci 86, Ukui 56, Bandar Petalangan 36, Kuala Kampar 33, Teluk Meranti 32, Bandar Seikijang 29, Pangkalan Kuras Dua dan Pelalawan masing-masing 27.

Vaksinasi Covid-19 di Riau, 952 Orang Disuntik Vaksin Covid-19 di Pelalawan, Disebut Ada Kendala

Update Data Realisasi Vaksinasi dan Kasus Covid-19 di Pelalawan, Ini Rinciannya

Kemudian Puskesmas Pangkalan Lesung dan Kerumutan masing-masing 26 orang, Pangkalan Kuras Satu 22, Bunut 18, dan Langgam 16.

"Realisasi ini memang cukup rendah. Kendalanya karena banyak yang tidak memenuhi syarat pas mau disuntik. Sebagian besar ada yang hamil dan menyusui. Itu tak disarankan," tandas Asril.

Juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan ini menyebutkan, setiap hari masih terjadi penambahan kasus baru Covid-19 di Pelalawan.

Hari ini ada dua pasien baru yang terkonfirmasi positif corona yakni MAM (48) asal Pangkalan Kerinci dan dirawat di Rumah Sakit Efarina.

Kemudian UM (43) asal Kecamatan Bunut yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Tabrani Kota Pekanbaru. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved