Breaking News:

Sekda Kamsol Ditetapkan Sebagai Plh Bupati Kepulauan Meranti

Dalam surat tersebut Gubernur Riau menunjuk Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti DR Kamsol menjadi Plh Kepulauan Meranti.

Foto/riau.go.id
Plh Bupati Kepulauan Meranti Kamsol 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Sehubungan berakhirnya masa Jabatan Irwan Nasir sebagai Bupati Kepulauan Meranti pada Selasa (16/2/2021), Gubernur Riau akhirnya menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kepulauan Meranti.

Hal tersebut tertuang surat Gubernur Riau pertanggal 16 Februari 2021 nomor 131/PEM-OTDA/376.

Dalam surat tersebut Gubernur Riau menunjuk Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti DR Kamsol menjadi Plh Kepulauan Meranti.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Kepulauan Meranti Jon Hendri kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (16/2/2021).

Dijelaskannya berdasarkan ketentuan pasal 131 ayat 4 Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2005.

Dimana ditegaskan bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 3, sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah sampai dengan Presiden mengangkat Kepala Daerah.

"Plh Bupati akan mulai berlaku besok Rabu (17/2/2021) karena masa terkahir kabatan Pak Bupati hari ini," ungkap Jon.

Dijelaskan Jon bahwa saat ini sengketa pilkada Kepulauan Meranti masih bergulir di Mahkamah Konstitusi.

Sehingga dipastikan bahwa akan terjadi kekosongan jabatan Bupati.

Oleh karena itu nantinya penujukan Plh Bupati Kepulauan Meranti akan melaksanakan tugas Bupati Kepulauan Meranti sampai ditetapkannya Bupati defenitif maupun PJ Bupati bila belum ada Bupati yang terpilih.

Berdasarkan surat Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor: 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 hal keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot Tahun 2021 yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi, menerangkan bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti terdaftar dalam Daftar Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2021.

"Yang mana pengucapan putusan atau ketetapan dijadwalkan pada tanggal 19 sampai dengan 24 Maret 2021, sehingga terjadi kekosongan jabatan, dan Gubernur menunjuk Sekretaris Daerah sebagai pelaksana harian Bupati untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati sampai dengan dilantiknya Penjabat Bupati atau dilantiknya Bupati/Wakil Bupati terpilih," ujar Jon.

Dijelaskan juga nantinya Sekretaris daerah Kepulauan Meranti akan melaksanakan tugas sehari-hari bupati Kabupaten Kepulauan Meranti sesuai ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku sambil menunggu ketentuan lebih lanjut dari Menteri Dalam Negeri.

Dijelaskan Jon pula nantinya juga akan dilakukan serah terima jabatan dari Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir kepada Plh Bupati Kamsol.

"Besok juga akan dilaksanakan serah terima jabatan, karena besok itu sudah mulai melaksanakan tugasnya sebagai Plh Bupati Kepulauan Meranti," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved