Breaking News:

Siaga Darurat Karhutla di Riau, Tiga Karhutla di Pelalawan, Segera Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

Pemerintah Provinsi Riau serta beberapa kabupaten dan kota telah menetapkan status Siaga Darurat Karhutla di Riau tahun 2021

Istimewa
Siaga Darurat Karhutla di Riau, Tiga Karhutla di Pelalawan, Segera Tetapkan Siaga Darurat Karhutla. Foto: Tim gabungan dari rayon Kecamatan Kuala Kampar melakukan pendinginan di lokasi Karhutla di Desa Sungai Solok beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Pemerintah Provinsi Riau serta beberapa kabupaten dan kota telah menetapkan status Siaga Darurat Karhutla di Riau tahun 2021, setelah memasuki musim kemarau yang panjang.

Penetapan status Siaga Darurat Karhutla di Riau ini menyusul timbulnya titik api atau firespot di beberapa wilayah di Riau khsusunya Karhutla di Pelalawan .

Penyebab penetapan status Siaga Darurat Karhutla di Riau ini ditambah munculnya hotspot atau titik panas sebagai indikasi kuat Karhutla di Riau hampir setiap hari seiring semakin berkurangnya intensitas hujan yang turun.

Dua pekan terakhir, paling tidak tiga titik Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pelalawan yang muncul dan berhasil dipadamkan oleh tim gabungan di masing-masing kecamatan.

"Berdasarkan konsultasi dan koordinasi kita, pekan ini akan kita tetapkan status siaga darurat Karhutla.

Berpedoman kepada Pemrov Riau," terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Abu Bakar FE, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (16/02/2021).

Abu Bakar menyatakan, penetapan status siaga darurat dibutuhkan untuk penanganan Karhutla yang lebih maksimal kedepan.

Selain itu tim rayon yang ada di 12 kecamatan bisa digerakkan untuk melakukan pemantauan dan patroli yang lebih intensif di wilayah kerja masing-masing. 

Abu Bakar mengakui, jika kondisi kemarau di Pelalawan belum separah dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam satu pekan, hujan lebat masih turun sebagai penyeimbang cuaca maupun musim.

Halaman
1234
Penulis: johanes
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved