Breaking News:

Pekan Life

54 Armada Dikerahkan untuk Angkut Sampah di Pekanbaru, Warga Diimbau Buang Sampah Pada Jam Berikut

Pihak DLHK Kota Pekanbaru juga mengimbau ke seluruh warga agar membiasakan membuang sampah sesuai waktu dan tempat yang telah ditentukan.

TRIBUNPEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG
Satu unit ekskavator membantu upaya pengangkutan sampah di Pekanbaru yang menumpuk di areal Pasar Palapa, Rabu (6/1/2021) petang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, kini mengerahkan sebanyak 54 armada untuk mengangkut tumpukan sampah di Pekanbaru atau di seluruh wilayah kota.

"Saat ini sudah 54 armada yang kita operasikan," ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas LHK Pekanbaru Azhar, Rabu (17/2/2021).

Dari pengawasan di lapangan, sebut dia, persoalan sampah di Pekanbaru yang terjadi sejak awal Januari lalu secara berangsur sudah bisa diatasi dengan tingkat kebersihan mencapai 70 hingga 80 persen.

"Kita akan berusaha pertahankan di angka 80 persen. Kalau 100 persen, saya kita sangat sulit karena volume sampah kan cukup tinggi. Sehingga baru selesai diangkut, datang lagi sampah baru," ujarnya.

Masih Terbelit Persoalan Sampah, Pemko Pekanbaru Ajukan Ulang Lelang Pengangkutan Sampah

Belum Ada Tersangkanya, Penyidikan Kasus Pengelolaan Sampah Kota Pekanbaru Masih Berjalan

Untuk itu, lanjut Azhar, pihaknya mengimbau kepada seluruh warga agar membiasakan membuang sampah sesuai waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Yang mana sampah harus dibuang di tempat-tempat penampungan sementara atau TPS dimulai pukul 19.00 hingga pukul 05.00 WIB.

"Jadi kepada warga Kota Pekanbaru, janganlah membuang sampah sembarangan, tempatkanlah pada tempanya. Kepada warga, kita juga minta maaf atas ketidaknyamanan ini," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Azhar, Dinas LHK bekerjasama dengan pihak kecamatan dan kelurahan terus berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan persoalan sampah di Pekanbaru menjelang adanya pihak ketiga yang bekerja sebagai pengangkut sampah.

DPRD Pekanbaru Minta DLHK Gercep Atasi Sampah, Azwendi Sarankan Swakelola Jika Tak Mau Masalah Lagi

130 Truk Sampah Per Hari Diangkut di Kota Pekanbaru, Petugas Berjibaku dari Pagi hingga Malam

"Untuk lelang jasa angkutan sampah ini sudah kita ajukan ke LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Selasa (16/2) sore. Sekarang prosesnya kita serahkan ke LPSE,"jelasnya.(Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved