Breaking News:

Karhutla di Riau 2021

Api Menyala di Akar Rizhophora,Areal Penggunaan Lain di Teluk Lanus Terbakar, Ini Kesulitan Damkar

Api membakar di sela akar pepohonan di Areal Penggunaan Lain (APL) di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau

istimewa
Tim Manggala Agni KLHK menembakkan air ke pangkal pohon yang terbakar di kawasan APL kampung Teluk Lanus, kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (17/2/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Areal Penggunaan Lain (APL) di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau terbakar, Rabu (17/2/2021).

Saat ini petugas gabungan Manggala Agni KLHK, Masyarakat Peduli Api (MPA), Damkar BPBD Siak, TNI, Polri dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) perusahaan sedang bersitungkin memadamkan api yang menyala di bawah akar-akar pohon.

Kepala Daops Siak Manggala Agni KLHK Ihsan Abdillah kepada Tribunpekanbaru.com , menyampaikan kebakaran di daerah terjauh Kabupaten Siak itu sudah terjadi sejak 3 hari belakangan.

Pada Rabu ini api semakin sulit dipadamkan akibat perubahan arah angin yang tidak menentu serta api yang menyala di bawah akar-akar bakau (rhizophora).

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing.

Serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon.

“Memadamkan api di satu pohon saja membutuhkan waktu yang lama dan air yang banyak,” kata Ihsan.

Luas lahan yang terbakar lebih kurang 6 Ha. Petugas sudah menyekat lokasi yang terbakar agar tidak merambah ke lokasi lainnya.

Sebab, lokasi yang terbakar merupakan lahan bergambut dengan tumbuhan bakau.

“Kalau dilihat status pahan yang terbakar adalah Areal Penggunaan Lain (APL), areal di luar kawasan hutan negara yang diperuntukkan bagi pembangunan di luar bidang kehutanan,” jelas Ihsan.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved