Breaking News:

Kena Sentil Deh Gara-gara Truk ODOL Bebas Berkeliaran, Begini Sindiran Pak Dirjen Perhubungan Darat

Budi Setiyadi melihat banyaknya truk Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) yang beroperasi di Riau. Akibatnya dishub kabupaten/kota kena sentil

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Kendaraan bermuatan besar sedang melakukan penimbangan berat dan pengukuran dimensi kendaraan sebelum memasuki gerbang Tol Pekanbaru-Dumai. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi melihat banyaknya truk Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) yang beroperasi di Riau.

Pemandangan itu membuatnya gerah dan menyentil kepala dinas perhubungan kabupaten/kota di Riau karena dinilai tidak serius dalam menjalankan tugasnya.

"Saya ingin tahu ini, kalau kondisi truknya seperti ini ada tanda ujinya, saya berani katakan, itu palsu,"kata Budi saat menghadiri kegiatan normalisasi kendaraan ODOL di terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS), Selasa (16/2/2021).

" karena saya sudah mensinyalir truk - truk seperti ini ada tanda ujinya, kalau itu benar berarti para Kadishub tidak melaksanakan tugasnya dengan profesional," imbuhnya.

"Ini yang sedang kita tertibkan, jadi semua pengujian ditingkat kabupaten/kota kalau tidak sesuai dengan akreditasi yang kita lakukan, mohon maaf nanti akan kita tutup sementara," imbuhnya.

Pihaknya meminta kepada semua pengelola pengujian kendaraan di kabupaten/kota agar segera melengkapi peralatan pengujian dan petugas yang memiliki kemampuan dan terakreditasi.

"Kita minta mereka melengkapi alatnya dan petugas yang punya kemampuan, baru boleh melakukan pengujian," ujarnya.

" Saya mohon maaf kalau ini tidak mengenakkan, ada beberapa dinas kabupaten kota yang pengujiannya tidak sesuai akreditasinya ini belum bisa melakukan pengujian," katanya.

Budi mengungkapkan, dari 500 lebih pengujian kendaraan di Indonesia, baru sekitar 50 persen saja yang sudah memenuhi standar akreditasi.

"Yang lainya itu belum memenuhi, ini secara bertahap kami minta agar segera menyesuaikan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved