Breaking News:

News Update

VIDEO: Pekanbaru Sudah Bisa Penuhi Pangan Rumah Tangga

sejumlah daerah yang menjadi kawasan produksi pertanian dan pangan ada di Rumbai dan Tenayanraya, serta Marpoyan.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan mengklaim sudah bisa memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga dengan ketersediaan produksi pangan di Kota Pekanbaru.

"Kalau untuk rumah tangga saja, kecuali beras bisa kita penuhi kebutuhan pangan dengan hasil yang ada di Pekanbaru,"ujar Kadis Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alex Kurniawan kepada tribunpekanbaru.com Rabu (17/2/2021).

Menurut Alex saat ini untuk produksi sayur lokal di Pekanbaru saja sudah bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, termasuk produksi ayam dan buah lainnya.

"Ini kecuali beras dan bawang serta sedikit cabe, karena kita bukan daerah produksi,"ujarnya.

Alex menambahkan sejumlah daerah yang menjadi kawasan produksi pertanian dan pangan ada di Rumbai dan Tenayanraya, serta Marpoyan.

"Memang kenapa masih tergantung dengan daerah luar intip pasokan sejauh ini, karena itu untuk kebutuhan industri dan kuliner di Pekanbaru,"ujar Alex.

Karena diakui Alex juga perputaran untuk pangan industri dan kuliner di Pekanbaru sangat besar, sehingga harus tergantung dengan daerah lain Kabupaten lain dan Provinsi tetangga.

"Kalau secara lokal dan rumah tangga kita tidak ada masalah, bisa kita cukupi,"ujarnya.
Apalagi dengan sudah membina Kelompok Wanita Tani yang memanfaatkan lahan pekarangan sebagai rumah pangan lestari.

"Ada 112 kelompok wanita tani di Pekanbaru dan memanfaatkan lahan pekarangan serta lahan tidur sebagai kawasan menanam untuk kebutuhan rumah tangga dan membantu ekonomi rumah tangga,"jelasnya.(tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved