Breaking News:

APP Sinar Mas Kerahkan 3 Heli dan 800 Personel untuk Patroli Karhutla di Riau

3 helikopter dan 800 personel darat dikerahkan untuk melakukan patroli di seluruh kawasan konsesi dan sekitarnya.

Istimewa
Tim APP Sinar Mas melakukan patroli udara untuk mencegah Karhutla menggunakan helikopter, Kamis (17/2/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi - Asian Pulp and Paper (APP) Sinarmas komit mewujudkan zero fore haze free atau nol kebakaran dan bebas asap di provinsi Riau.

Mereka mengerahkan 3 helikopter dan 800 personel darat untuk melakukan patroli di seluruh kawasan konsesi dan sekitarnya.

Fire Operational Management (FOM) Head, Priyo didampingi Humas PT Arara Abadi APP Sinarmas wilayah Riau, Nurul Huda menjelaskan, 3 unit helikopter terbang dari Perawang, kabupaten Siak ke seluruh distrik APP Sinarmas di wilayah Riau. Patroli 3 helikopter itu dibagi untuk 3 zona, yakni Utara, Tengah dan Selatan.

“Heli yang digunakan patroli berkapasitas 11 orang dan memuat sejumlah peralatan,” kata dia kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (18/2/2021).

Satu helikopter akan terbang selama 5 jam dalam sehari. Hal tersebut mengikuti regulasi pilot. Semua pilot mempunyai kualifikasi yang mampu menerjunkan personel di semua wilayah, basah maupun semak belukar.

“Patroli menggunakan heli memang butuh biaya besar. Biaya sewa saja 1 jam terbang Rp 50 juta di luar avtur,” kata dia.

Satu helikopter yang digunakan APP Sinar Mas menghabiskan anggaran Rp 250 juta per hari di luar avtur. Jika dikalkulasikan mencapai Rp 1 miliar sehari untuk ketiga helikopter sekaligus bahan bakarnya.

Sedangkan terkait teknis patroli udara ini ditentukan melalui analisa tingkat urgensinya. Patroli direncanakan untuk 7 hari ke depan. Analisa dibuat stiap Senin sebagai acuan patroli.

“Setiap hari akan kita evaluasi. Dasarnya dari tingkat kerawanan kebakaran dan hari tidak hujan, dan juga adanya kasus kebakaran. Kalau dijumpai api, kalau berada dalam konsesi tim akan turun melakukan serangan awal, kemudian heli datang ke distrik terdekat untuk menjemput tim yang sudah standby di sana,” kata dia.

Pada setiap distrik APP Sinar Mas sudah diinstruksikan agar ada tim yang standby. Begitu helikopter datang, tim langsung naik dan diantar ke lokasi yang terjadi kebakaran.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved