Breaking News:

Tribun Foto

Foto : Lubang Semburan Gas Lumpur di Ponpes Al Ihsan Pekanbaru akan Ditutup Cover Plate

Cover plate akan digunakan untuk menutupi bagian atas lubang semburan gas di Ponpes Al Ihsan Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU/DODI VLADIMIR
Petugas saat mengangkat cover plate dengan menggunakan alat berat di lokasi semburan gas lumpur ponpes Al Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (18/2/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah petugas saat mengangkat cover plate dengan menggunakan alat berat di lokasi semburan gas lumpur ponpes Al Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (18/2/2021).

Cover plate tersebut nantinya akan digunakan untuk menutupi bagian atas lubang semburan.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman, mengatakan, saat ini petugas sedang melakukan persiapan penutupan bekas sumur gas di komplek pesantren Al Ikhlas.

Petugas saat ini sedang mengerjakan pembuatan cover plate atau plat penutup yang terbuat dari lempengan besi.

"Saat ini tim sedang mengerjakan cover plate. Cover plate ini merupakan sambungan dari beberapa lempengan besi yang disatukan dengan cara mengelas," kata Indra, Kamis (18/2/2021).

Petugas saat mengangkat cover plate dengan menggunakan alat berat di lokasi semburan gas lumpur ponpes Al Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (18/2/2021).
Petugas saat mengangkat cover plate dengan menggunakan alat berat di lokasi semburan gas lumpur ponpes Al Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (18/2/2021). (TRIBUNPEKANBARU/DODI VLADIMIR)

Indra mengatakan, pengerjaan proses penutupan bekas sumur gas ini dikerjakan oleh Pemprov Riau bersama tim dan juga dari pihak swasta.

Indra mengungkapkan, cover plate tersebut nantinya akan diletakkan dibagikan atas lubang semburan.

Sebelumnya, di sekitar lubang semburan juga sudah dilakukan pembersihan sisa lumpur semburan.

Petugas saat mengangkat cover plate dengan menggunakan alat berat di lokasi semburan gas lumpur ponpes Al Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (18/2/2021)/ TRIBUNPEKANBARU.COM/DODI VLADIMIR
Petugas saat mengangkat cover plate dengan menggunakan alat berat di lokasi semburan gas lumpur ponpes Al Ihsan, Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (18/2/2021)/ TRIBUNPEKANBARU.COM/DODI VLADIMIR (TRIBUNPEKANBARU/DODI VLADIMIR)

"Cover ini dibuat untuk diletakkan di bagian atas lubang semburan, tujuannya agar nantinya luapan semburan gas atau lumpur bisa terkendali," katanya.

Seperti diketahui, semburan gas dan lumpur yang terjadi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, pertama kali muncul dari aktifitas penggalian sumur bor, Kamis (4/2/2021) lalu.

Kondisi tempat semburan gas bercampur lumpur di Pondok Pesantren Al-Ihsan, Kota Pekanbaru, Senin (15/2/2021).
Kondisi tempat semburan gas bercampur lumpur di Pondok Pesantren Al-Ihsan, Kota Pekanbaru, Senin (15/2/2021). (TRIBUNPEKANBARU/DODI VLADIMIR)

Lubang tempat pengeboran sumur tersebut mendadak menyemburkan gas alam yang cukup kuat.

Suaranya pun terdengar bergemuruh.

Semburan gas itu muncul di antara ruang belajar dan kamar santri, yang juga tak jauh dari komplek Kantor Wali Kota Pekanbaru.

(www.tribunpekanbaru.com / Doddy Vladimir)

Penulis: Dodi Vladimir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved